Pendiri Intel Sekaligus Titan Silicon Valley, Gordon Moore Tutup Usia

Pendiri Intel, Gordon Moore
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno – Gordon Moore, salah satu pendiri Intel dan titan Silicon Valley, meninggal hari ini di usia 94 tahun, menurut siaran pers dari perusahaan. Dia meninggal dikelilingi oleh keluarga di rumahnya yang berada di Hawaii.

Kisah Unik Penyamaran Intel Anggota Kopassus Jadi Penjual Durian

Moore adalah bagian dari "traitorous eight" yang mendirikan Fairchild Semiconductor, menjadi inkubator bagi banyak perusahaan Silicon Valley lainnya —termasuk AMD. 

Moore dan Robert Noyce, sesama anggota dari traitorous eight kemudian mendirikan Intel yang awalnya bernama Integrated Electronics pada tahun 1968. Dia akhirnya menjadi ketua dan CEO perusahaan pada tahun 1979, dan menjabat sebagai CEO selama delapan tahun.

Gerebek Rumah Addin, Habib Bahar Bentak Intel Polres: Kau Mau Beking Dia?

Sementara Moore jelas memainkan peran besar dalam pengembangan teknologi yang menggerakkan perangkat komputasi modern, banyak orang juga akrab dengan namanya karena "Hukum Moore" yakni prediksi tahun 1965 di mana prosesor diperkirakan akan menggandakan jumlah transistor setiap tahun. 

Satu dekade kemudian, dia mengubah perkiraannya menjadi satu kali lipat setiap dua tahun. Meskipun hal itu mungkin tidak lagi terjadi, ide tersebut akan tetap berlaku untuk waktu yang sangat lama, menurut laman The Verge, Sabtu, 25 Maret 2023.

Terpopuler: 2 Intel TNI Dipanggil Jenderal, Fakta 'Geng Tai' hingga Menteri Kabinet Indonesia Emas

Logo Intel.

Photo :
  • Engadget.com

"Sirkuit terintegrasi akan menghasilkan keajaiban seperti komputer rumah -atau setidaknya terminal yang terhubung ke komputer pusat- kontrol otomatis untuk mobil, dan peralatan komunikasi portabel pribadi," tulis Moore dalam makalahnya, dua dekade sebelum revolusi PC dan lebih dari 40 tahun sebelum Apple meluncurkan iPhone.

Setelah artikel Moore, chip menjadi lebih efisien dan lebih murah pada tingkat eksponensial, membantu mendorong sebagian besar kemajuan teknologi dunia selama setengah abad dan memungkinkan munculnya tidak hanya komputer pribadi, tetapi juga raksasa internet dan Silicon Valley seperti Apple, Facebook dan Google.

"Sungguh menyenangkan berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Saya sangat beruntung bisa masuk ke industri semikonduktor dalam masa pertumbuhan. di mana kami tidak dapat membuat transistor silikon tunggal untuk menempatkan 1,7 miliar di antaranya dalam satu chip. Ini merupakan perjalanan yang fenomenal," ujarnya.

Setelah membuat prediksi yang sukses, dia menghindari membuat yang lain, ucapnya pada tahun 2015, ketika ditanya tentang hukum Moore, menurut pernyataan dari The Gordon and Betty Moore Foundation.

Menurut Intel, Moore telah menjadi seorang filantropis dengan istrinya dalam masalah-masalah yang berkaitan dengan 'konservasi lingkungan, penelitian ilmiah, pendidikan tinggi, dan Area Teluk San Francisco'.

Tahun lalu, Intel menamai fasilitas barunya di Oregon dengan namanya “Gordon Moore Park” yang dibuka pada 11 April 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya