Bintang Bollywood Amitabh Bachchan Kagumi Parade 5 Planet Sejajar

Parade lima planet sejajar bisa dilihat dari Bumi.
Sumber :
  • Twitter @themoonlovepic

VIVA Tekno – Parade lima planet sejajar baru saja terlihat dari Bumi. Fenomena langka ini banyak dibagikan di media sosial di mana terlihat Merkurius, Jupiter, Venus, Mars dan Uranus berbaris bak kalung mutiara di langit.

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Wajah Cepat Keriput! Hindari Segera!

Salah satu penikmat keindahan ini adalah aktor senior Bollywood, Amitabh Bachchan yang mengunggah video di Twitter. Dia menulis itu sebagai pemandangan yang indah dan langka.

Lima dunia itu berada di sepanjang busur lembut melintasi langit malam setelah Matahari terbenam, mengikuti ekliptika atau jalur Matahari saat melintasi langit kita, termasuk Bulan.

5 Ramalan Populer Jayabaya yang Diyakini Telah Terjadi Di Indonesia

Venus terlihat paling terang dari semuanya. Untuk melihat Uranus yang berada di samping Venus, maka pengamat harus menggunakan teropong.

Saat digeser lebih rendah di langit, ke titik dekat Matahari terbenam, maka kita akan menemukan Jupiter dan Merkurius di sana.

Ilmuwan Selangkah Lagi Menemukan Alien

Lalu, saat teropong di arahkan lebih tinggi, masih sepanjang jalur Matahari, maka akan ada Mars di sana, menurut Earth Sky, Rabu, 29 Maret 2023.

Dari kelima planet ini, Venus paling terang dan Uranus paling redup. Keduanya berdekatan di langit tapi Venus mudah terlihat oleh mata. Sementara Uranus bersinar dengan magnitudo +5,8 yang secara teoritis terlihat oleh mata.

Namun, dalam praktiknya, pengamat membutuhkan langit yang gelap dan teropong untuk menemukannya. Jaraknya kira-kira 1,5 derajat, atau tiga bulan dari Venus. Uranus akan berada paling dekat dengan Venus pada Kamis, 30 Maret mendatang.

Jupiter adalah planet ke-2 paling terang. Tapi itu akan ada di dekat Matahari terbenam dan hanya terlihat di senja yang cerah. Planet itu masih bisa dilihat dengan mata karena sangat dekat dengan  Matahari terbenam.

Merkurius lebih redup dari Jupiter. Pasangan itu berada di ufuk barat, tak lama setelah Matahari terbenam. Pengamat membutuhkan langit cerah dan pemandangan tanpa halangan untuk menangkap mereka.

Dua dunia ini terbenam sekitar 30 menit setelah Matahari terbenam. Mars mudah ditemukan karena letaknya tidak jauh dari Bulan di kubah langit kita.

Tetangga Bumi itu memancarkan cahaya merah terang di dekat Bulan pada 28 Maret 2023. Planet akan lebih terang dari kebanyakan bintang dengan warnanya yang merah.

Bahkan, setelah Matahari menjauh, kita mungkin masih dapat menemukan Mars berdasarkan warnanya dan fakta bahwa Mars tidak berkelap-kelip seperti bintang.

mBV4ndcPMFg

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya