Umur Layanan 3G Telkomsel Satu Bulan Lagi

Jaringan 2G, 3G dan 4G/LTE.
Sumber :
  • Wonderful Engineering

VIVA Tekno – Telkomsel memastikan jika semua jaringan 3G miliknya akan segera mati atau shutdown pada Mei 2023. Jaringan tersebut juga direncanakan berakhir di Jakarta. Hal ini diungkapkan oleh Vice President Global Network Operations Telkomsel Galumbang Pasaribu.

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

Ia menyatakan kalau jaringan 3G adalah teknologi tanggung, sebab, jaringan generasi ketiga itu hanya menangani suara dan kapabilitas untuk mengambil data, tetapi tidak maksimal ketimbang 4G.

"Jadi, dengan 4G dan akan menuju ke 5G, dan lanjut ke 6G, maka 3G harus ditinggalkan. Karena, pertama, tren teknologi saat ini sudah maju. Kedua, 3G sudah tidak optimal secara teknologi," ungkap dia di Cirebon, Jawa Barat, Selasa malam, 28 Maret 2023.

Berburu Cuan Lewat Gajian

Soal migrasi, Galumbang mengaku dimatikannya jaringan 3G juga sudah diatur oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Dengan kebijakan tersebut maka semua operator telekomunikasi secara bertahap menghapus 3G.

Sejauh ini Telkomsel sudah membagi tahap pembagian shutdown jaringan 3G dalam delapan batch, di mana sekarang sudah masuk batch ketujuh. Adapun batch terakhir akan segera dilakukan di Jakarta.

58 Persen Penduduk Indonesia jadi Pelanggan Telkomsel

"Kami sengaja pilih Jakarta. Dan juga menjadi gambaran bagaimana pelanggan itu sangat sensitif dan sangat membutuhkan layanan prima. Jadi, mulai dari batch satu dari hulu, mulai dari ujung pinggir-pinggir, dan berakhir di Jakarta," papar Galumbang.

Tidak hanya Indonesia, Amerika Serikat (AS) resmi mengucapkan selamat tinggal untuk jaringan 3G mulai tahun ini, menyusul penyedia telekomunikasi Verizon yang telah mematikan layanan seluler tersebut per 31 Desember 2022.

Menurut laporan Komisi Komunikasi Federal AS (FCC), penyedia telekomunikasi lainnya yakni AT&T telah mematikan layanan 3G pada Februari 2022, dan T-Mobile mulai mematikan jaringan tersebut satu bulan kemudian.

FCC mengatakan, layanan jaringan 3G dimatikan secara bertahap karena sejalan dengan operator seluler yang berupaya memutakhirkan jaringan mereka untuk menggunakan teknologi terbaru.

"Penutupan layanan lama, seperti 3G, untuk membebaskan spektrum dan infrastruktur guna mendukung layanan baru, seperti 5G," kata FCC.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya