Jelang Idul Fitri, Penggunaan Paylater Meningkat

Ilustrasi belanja online.
Sumber :
  • Livemint

VIVA Tekno – Tren belanja yang meningkat diketahui telah menjadi tradisi jelang Idul Fitri. Kebiasaan ini akan terus meningkat menjelang hari raya. Kredivo bahkan mencatatkan peningkatan penggunaan fitur paylater selama Ramadhan tahun ini. 

Bank Mandiri Selektif Cairkan Paylater, Ini Pertimbangannya

Menurut data internal, peningkatan penggunaannya tidak hanya terjadi di merchant online maupun e-commerce, tetapi juga berbagai gerai offline yang telah terintegrasi dengan Kredivo. 

Data menunjukkan adanya peningkatan total nilai transaksi sebanyak 14 persen selama dua minggu pertama Ramadhan 2023 dibandingkan dua minggu sebelum ibadah puasa. Angka tersebut diprediksi akan terus meningkat hingga lebaran. 

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Dalam keterangannya pada Rabu, 12 April 2023, VP Marketing and Communications Kredivo, Indina Andamari, tahun ini menjadi tahun pertama Ramadhan tanpa PPKM setelah tiga tahun.

"Kami optimis bahwa tren belanja masyarakat akan mengalami peningkatan. Untuk mengakomodir hal ini, kami terus memperluas jaringan dan layanan kredit digital kami yang saat ini telah dapat digunakan di ribuan merchant  online dan offline di berbagai kota di Indonesia," ujarnya.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Ilustrasi belanja baju Lebaran

Photo :
  • VIVA/Dani Randi

Ramadhan tahun lalu, nilai transaksi paylater Kredivo tercatat mengalami kenaikan hingga 55 persen, sedangkan jumlah transaksi meningkat 31 persen dibandingkan Ramadhan 2021. 

Hal tersebut menandakan sinyal positif daya beli masyarakat yang terus membaik di masa transisi menuju endemi. Lantas, bagaimana tren belanja masyarakat dalam penggunaan Paylater Kredivo di Ramadan tahun 2023? Berikut beberapa data menariknya: 

Menurut data internal, banyak dari pengguna menggunakan fitur bayar belakangan ini untuk belanja di kategori home and living. 

Perusahaan mencatat transaksi tertinggi selama dua pekan Ramadan 2023 dengan kenaikan nilai transaksi mencapai 21 persen dibandingkan dengan dua minggu sebelum Ramadan. 

Hal ini menandakan bahwa tren mempercantik rumah kerap dilakukan masyarakat selama Ramadan, dengan tren peningkatan transaksi di kategori itu yang cenderung semakin naik jelang Lebaran.

Kenaikan juga diprediksi pada kategori gadget & electronics yang akan terus meningkat pada dua sampai satu minggu menjelang lebaran yang mulai terlihat dari beberapa tahun terakhir.

Peluncuran pinjaman tunai Kredivo

Photo :
  • Dok. VIVA

Hal ini didorong oleh kebutuhan masyarakat akan gadget yang semakin meningkat seiring dengan hadirnya metode belajar dan kerja secara online atau hybrid, serta tunjangan hari raya (THR) yang biasanya cair pada dua minggu menjelang Idul Fitri.

Kredivo melihat jumlah transaksi kategori gadget & electronics meningkat hingga 14 persen dibandingkan dengan dua minggu sebelum Ramadan 2023.

Mudik untuk berkumpul bersama keluarga juga tidak ketinggalan. Data menunjukkan adanya lonjakan transaksi di kategori travel yang tercatat hingga 12 persen. 

"Tingginya kebutuhan masyarakat akan metode pembayaran alternatif seperti paylater yang menawarkan fleksibilitas dan kemudahan dalam bertransaksi, membuat tren penggunaan Paylater turut mengalami kenaikan selama periode Ramadhan dan menjelang lebaran," jelasnya. 

Menurutnya, feksibilitas paylater akan membantu masyarakat untuk mengatur cash flow. Kredivo mengaku optimis bahwa paylater dapat terus menjaga daya beli masyarakat dan menyukseskan pemulihan ekonomi nasional, diantaranya melalui momentum Ramadhan dan Idul Fitri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya