Ada Steorotipe Terhadap Perempuan di Dunia Digital

Ilustrasi wanita karir.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Sektor teknologi masih didominasi oleh gender laki-laki. Bahkan menurut studi, hanya ada 2 perempuan dari 10 laki-laki yang mendalami industri sains, teknologi, engineering, dan matematika.

Dinilai Tangguh, Nikita Mirzani Banjir Pujian Netizen: Kartini yang Sesungguhnya

"Masih ada stereotipe di dunia digital yang rata-rata didominasi laki-laki," ujar Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Yuana Rochma Astuti di Jakarta, Jumat, 14 April 2023.

Angka tersebut, menurut Yuana, mengartikan bahwa baru segelintir perempuan atau sekitar 20 persen yang terlibat di industri digital.

Jadi Anggota DPR Sekaligus IRT, Begini Kris Dayanti Meneladani Sosok Kartini

Terlebih lagi masih tingginya kesenjangan talenta digital Indonesia, baik laki-laki maupun perempuan. Kebutuhannya tembus 9 juta hingga 2024.

"Per tahun itu butuhnya 600 ribu tapi pemerintah hanya sanggup suplai sekitar 400 ribu. Sisanya masih ada gap, perempuannya juga masih sedikit," imbuhnya. Perempuan bisa berkontribusi di mana industri digital masih memiliki peluang besar.

Cara Hapus Jejak Digital, Cocok buat yang Suka Buka Situs Berbahaya

Program SheHacks 2023.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Perempuan adalah pelaku utama usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Oleh karena itu, sangat penting untuk mendukung mereka melalui keunggulan teknologi digital yang inklusif karena diproyeksikan 64 persen UMKM go digital pada 2027.

Akses digital yang setara bagi perempuan perlu diupayakan secara kolaboratif untuk dampak yang lebih besar. Untuk itu, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) berkomitmen untuk terus menjadi kolaborator utama dalam memberdayakan masyarakat Indonesia dan menjadi penggerak utama ekonomi digital melalui SheHacks.

SheHacks 2023 menghadirkan tiga program, yaitu SheHacks Innovate, SheHacks Impact, dan She(Hacks) Improve. SheHacks Innovate merupakan workshop offline dua hari untuk membantu wirausahawan pemula memecahkan masalah dan mengembangkan inovasi yang berfokus pada pelanggan.

Adapun SheHacks Impact, merupakan program selama enam bulan bagi para pendiri startup yang meluncurkan produk dalam kategori MVP (minimum variable product) stage untuk dapat ditingkatkan.

Sedangkan program She(Hacks) Improve memberikan akses kepada peserta untuk dapat menggunakan berbagai video pembelajaran yang mencakup pengetahuan yang perlu diketahui oleh mereka demi mengembangkan usaha yang dijalankan.

Bukan itu saja. Ada juga SheHacks People's Choice dengan berbagai kriteria yang dipilih berdasarkan 10 proposal terbaik yang diambil dari She(Hacks) Improve, dan 6 ide terbaik dari SheHacks Innovate.

"Peserta yang terpilih akan mempresentasikan gagasan mereka di website SheHacks dengan presentasi selama 5 menit yang kemudian akan dipilih oleh audiens. Tiga peserta terbaik akan mendapat apresiasi serta memenangkan hadiah," kata Direktur Utama dan Kepala Eksekutif Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) Vikram Sinha.

SheHacks 2023 didukung oleh Indosat Digital Ecosystem (IDE), platform milik Indosat Business yang akan membantu entrepreneur dan pelaku bisnis, untuk mendukung transformasi digital UMKM di Indonesia yang memiliki tiga fitur, yakni IDE Academy, IDE Advisory, dan IDE Marketspace.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya