Tips Sukses Buat Iklan di YouTube

Fitur YouTube Widget.
Sumber :
  • Gizchina.com

VIVA Tekno – Iklan saat ini telah menjadi cara bagi banyak orang untuk memasarkan suatu merek. YouTube Ads Leaderboard menampilkan daftar iklan yang paling banyak ditonton setiap tahunnya yang bisa menjadi referensi untuk mempertimbangkan alasan yang membuat iklan-iklan ini begitu sukses.

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Berikut adalah tiga pendekatan yang telah terbukti dan dapat dicoba, berdasarkan Ads Leaderboard terbaru dikutip dari keterangan resmi Google, Rabu, 19 April 2023.

Tempatkan iklan di YouTube watch trends

Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura

Merayakan hari jadi ke-20 "Harry Potter", HBO Max ingin menjangkau dua audiens yang berbeda, yaitu penggemar fanatik yang sangat ingin melihat kembali keajaiban serial ini dan generasi baru penonton yang lebih muda.

Untuk menarik minat kedua kategori audiens ini, HBO Max berkiblat pada tren yang kuat yaitu orang-orang gemar menonton konten untuk bernostalgia. Mereka kemudian merancang iklan video untuk memberikan pengalaman retrospektif.

Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

“YouTube sering kali menjadi indikator awal kami ketika merilis aset pemasaran awal tentang bagaimana pemirsa kami terlibat, sentimen apa yang kami lihat, dan yang mereka tanggapi dari konten," ujar JP Mallo, VP pemasaran untuk HBO Max Originals.

Serial HBO, The Last of Us.

Photo :
  • Instagram @thelastofus.

Kampanye ini diluncurkan pertengahan November dengan iklan bumper, selain iklan in-stream yang tidak dapat dilewati (non-skippable) dan dapat dilewati (skippable). 

Jelang pemutaran perdana Hari Tahun Baru, HBO Max menggunakan YouTube Select untuk menampilkan iklan bersama konten premium. Terakhir, mereka mengakhiri kampanye dengan memanfaatkan YouTube Masthead yang meningkatkan awareness hingga 12,7 persen dan mencapai 49 juta pengguna. 

Buat materi iklan yang sesuai dengan layar penonton

Sebuah perusahaan telekomunikasi utama Mesir bernama WE membuat strategi untuk video yang akan membantu pemirsa memahami tren Ramadhan yang terus berkembang.

Karena pesan WE harus menarik perhatian pemirsa dari berbagai generasi, tim memutuskan bahwa kampanye harus menyertakan campuran iklan yang beragam. 

WE merencanakan dan melaksanakan strategi video full-funnel yang memanfaatkan perpaduan unik iklan format pendek dan panjang. Untuk pemirsa dalam fase awareness, tim meluncurkan iklan bumper 6 detik untuk mempromosikan kampanye dan menyampaikan pesan ajakan (CTA) cepat.

Kemudian, untuk lebih melibatkan audiens middle dan lower-funnel, WE membuat video in-stream berdurasi penuh. Iklan ini dirancang untuk ditonton di berbagai perangkat, mulai dari TV yang terhubung hingga perangkat seluler.

Tampilan YouTube Premium.

Photo :
  • Androidauthority.com

Untuk memastikan bahwa iklan berdurasi panjang ini benar-benar berkesan, tim mengandalkan empat prinsip panduan YouTube untuk iklan video yang efektif di platform, ABCD atau attention, branding, connections dan direction.

Strategi multiformat ini terbukti berhasil. Dalam 24 jam pertama, video berdurasi panjang tersebut melampaui 1 juta penayangan. Terlebih lagi, tingkat penyelesaiannya melampaui video Ramadan 2021 merek tersebut sebesar 204 persen serta rata-rata pasar untuk tingkat penyelesaian sebesar 47 persen. 

Buat audiens menginginkan lebih banyak

Tahun lalu BMW membuat iklan video pahlawan berdurasi 60 detik yang menunjukkan Zeus, dewa langit dan guntur dalam mitos Yunani, pensiun ke Palm Springs dan menemukan kembali semangatnya saat diberi BMW iX oleh istrinya, Hera.

Untuk memperluas jangkauan iklan selama momen penting ini, BMW menjadikan YouTube sebagai bagian inti dari strategi Super Bowl-nya.

Perusahaan otomotif itu ingin menjangkau berbagai penggemar Super Bowl melalui YouTube AdBlitz. Melalui AdBlitz, BMW dapat menargetkan inventaris video terkait Super Bowl tertentu, seperti NFL Highlights yang ditonton oleh pecinta olahraga, dan Big Game Music Lineup yang ditonton oleh audiofil.

HBO Max, WE, dan BMW sukses dengan iklan video yang menghibur dan melibatkan pemirsa utama. Dengan menyelaraskan iklan mereka dengan tren populer YouTube, membuat materi iklan untuk berbagai platform, dan mengikuti ABCD efektivitas video, merek-merek ini menunjukkan cara sukses untuk menggabungkan storytelling yang imersif dengan kekuatan YouTube.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya