81 Persen Masyarakat Indonesia Belum Terlayani Layanan Keuangan

Layanan GrabBike.
Sumber :
  • Grab Indonesia

VIVA Tekno – Tahun lalu, laporan Bank Dunia menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk unbanked atau belum tersentuh layanan keuangan perbankan terbesar keempat di dunia.

Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun

Lebih lanjut disebutkan bahwa, 95 juta penduduk dewasa Indonesia tidak memiliki rekening di institusi keuangan. Hanya sekitar 49 persen dari penduduk dewasa dan 37 persen dari penduduk termiskin yang memiliki rekening di perusahaan keuangan.

Sementara itu riset Google, Temasek, Bain & Company di tahun yang sama juga menemukan terdapat 81 persen penduduk Indonesia yang belum terlayani jasa keuangan. Dengan demikian, pasar layanan keuangan bank digital masih sangat terbuka di Tanah Air.

OJK Cabut Izin usaha BPRS Saka Dana Mulia Kudus

Sejalan dengan hal tersebut, PT Super Bank Indonesia (Superbank) baru-baru ini mengumumkan kerja sama pinjaman investasi dengan PT Teknologi Pengangkutan Indonesia (TPI), merupakan perusahaan rental kendaraan yang bermitra dengan Grab Indonesia. 

Kemitraan ini memperkuat komitmen Superbank dalam mendukung peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya segmen underbanked dengan memperluas akses ke pembiayaan yang mudah dan bertanggung jawab.

Viral Wanita Ini Bawa Mayat Pamannya Buat Pinjam Uang ke Bank

Chief Business Officer Superbank Sukiwan.

Photo :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Pinjaman investasi dari Superbank akan digunakan TPI untuk meningkatkan jumlah inventori mobil yang akan memberikan manfaat kepada ribuan mitra pengemudi GrabCar, menurut keterangan resminya, Kamis, 20 April 2023.

Saat ini, pesaing Gojek itu memiliki jutaan mitra pengemudi yang tersebar di ratusan kota di Indonesia dan ribuan mitra menggunakan fasilitas sewa mobil dari TPI.

Investasi pinjaman dari Superbank akan digunakan TPI untuk membeli lebih dari 1.000 unit mobil yang akan disewakan kepada mitra pengemudi GrabCar.

"Kerja sama dengan TPI merupakan awal dari kemitraan jangka panjang antara Superbank dengan mitra ekosistemnya. Kami berharap inisiatif ini membuka lebih banyak lagi kesempatan bagi mitra pengemudi Grab untuk merasakan manfaat pembiayaan yang kami fasilitasi," kata Sukiwan, Chief Business Officer Superbank.

Sementara dari TPI menyebut dukungan ini merefleksikan kepercayaan yang besar dari Superbank terhadap mereka sebagai perusahaan rental yang bermitra dengan Grab Indonesia.

"Kami harap kerja sama ini tidak hanya membantu meningkatkan produktivitas mitra pengemudi Grab sebagai pengguna layanan rental mobil kami, tapi juga untuk meningkatkan peluang pendapatan mereka yang merupakan bagian dari populasi underbanked di Indonesia," kata Chief Operating Officer TPI, Yusa Oktavia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya