China Temukan Jejak Air di Planet Mars

Planet Mars.
Sumber :
  • DW/NASA

VIVA Tekno – Para ilmuwan yang mempelajari data dari penjelajah Zhurong milik China, untuk pertama kalinya menemukan lapisan retak di bukit pasir kecil Planet Mars, yang menyiratkan bahwa Planet Merah adalah dunia berair yang kaya garam sekitar 400.000 tahun yang lalu.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Sejak mendarat di belahan utara Mars pada Mei 2021, rover telah meluncur mendekati empat bukit pasir berbentuk bulan sabit di wilayah Utopia Planitia untuk menyelidiki komposisi permukaannya.

Keempat fitur geologis yang terbentuk oleh angin ini dilapisi dengan kerak dan punggung bukit yang tipis dan retak di mana-mana, terbentuk berkat mencairnya kantong-kantong kecil 'air modern' antara 1,4 juta tahun hingga 400.000 tahun yang lalu, menurut sebuah makalah baru.

Polisi Amankan 5 Orang terkait Kasus Bensin Dioplos Air di SPBU Bekasi

"Ini jadi waktu yang lebih baru dalam sejarah Mars," kata Xiaoguang Qin, seorang ilmuwan di Akademi Ilmu Pengetahuan China di Beijing dan penulis studi baru tersebut.

Para ilmuwan telah lama berpikir bahwa Mars purba menyimpan air cair yang melimpah sekitar tiga miliar tahun yang lalu. Tetapi perubahan iklim yang dramatis membekukan sebagian besar air karena es terkunci di kutub dan membuat sebagian besar planet ini kering.

China Gelar Kompetisi Sunat Online, Diikuti Puluhan Dokter Bedah

Bukit pasir yang dieksplorasi Zhurong dekat dengan lokasi pendaratannya di belahan utara planet ini -jauh dari kutub utara- yang panjangnya hanya sekitar 50 hingga 100 kaki (15 hingga 30 meter) dan tingginya sekitar 3 kaki (1 m).

Ilustrasi koloni manusia di Planet Mars.

Photo :
  • SpaceNews

Temuan terbaru dari analisis gambar dan data yang dikirim pulang oleh Zhurong dan pendamping pengorbitnya di Tianwen 1 menunjukkan bahwa jumlah air yang cukup banyak dari wilayah kutub es planet ini mengalir ke garis lintang yang lebih rendah beberapa juta tahun yang lalu, menetap di atas bukit pasir Utopia Planitia.

Ketika Zhurong berkelana mendekati bukit pasir yang berukuran sangat kecil dibandingkan dengan bukit pasir dua lantai besar yang dipelajari penjelajah Curiosity NASA di tempat lain di Mars, instrumen laser-induced breakdown spectrometer (MarSCoDe) di atas penjelajah tersebut mengubah butiran pasir menjadi berukuran milimeter partikel.

Susunan kimia mengungkapkan adanya mineral terhidrasi seperti sulfat, silika, besi oksida dan klorida. Menurut tim peneliti, mineral ini terbentuk di hadapan air di garis lintang rendah di akhir era Amazon di Mars.

Para peneliti mengatakan uap air bergerak dari kutub Mars ke garis lintang yang lebih rendah, seperti titik Zhurong beberapa juta tahun yang lalu, ketika lapisan es kutub planet melepaskan uap air dalam jumlah besar berkat kemiringan berbeda yang membuat kutub Mars mengarah lebih langsung ke Matahari.

Temperatur yang sangat dingin di planet membuat uap mengembun kemudian melayang dan menjatuhkannya sebagai salju yang jauh dari kutub, menurut penelitian terbaru.

Kemiringan Mars berubah selama siklus 124.000 tahun. Jadi ini menawarkan mekanisme pengisian ulang uap di atmosfer untuk membentuk embun beku atau salju di lintang rendah tempat penjelajah Zhurong mendarat. Tapi tidak ada air es yang terdeteksi oleh instrumen apa pun di penjelajah Zhurong.

Alih-alih dengan cara yang sama seperti jalan pengasinan di Bumi mencairkan bidang es selama badai, garam di bukit pasir Mars menghangatkan salju yang turun dan cukup mencairkannya untuk membentuk air asin. Proses itu juga membentuk mineral seperti silika dan oksida besi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya