Lubang Hitam Supermasif Terlihat Melahap Bintang yang Ada di Dekat Bumi

Lubang hitam.
  • U-Report

VIVA Tekno – Sebuah lubang hitam supermasif telah terdeteksi melahap bintang di galaksi yang hanya berjarak 137 juta tahun cahaya dari Bumi. Kilatan cahaya yang dilepaskan saat bintang itu ditarik ke dalam lubang hitam pertama kali terdeteksi oleh teleskop ruang angkasa NEOWISE NASA pada tahun 2014.

Kapan Bumi Kiamat?

Tidak seperti biasanya, fenomena tersebut terdeteksi di bagian spektrum inframerah dan dari galaksi muda pembentuk bintang yang berdebu.

Para peneliti percaya bahwa kedua fakta ini saling berhubungan. Penemuan tersebut, kata tim, mungkin menunjukkan cara bagi para astronom untuk mendeteksi peristiwa serupa di galaksi aktif di masa depan.

Lubang hitam atau black hole adalah wilayah di mana jalinan ruang-waktu begitu terdeformasi oleh massa terkonsentrasi sehingga, di luar 'cakrawala peristiwa' tidak ada apa pun —bahkan cahaya— dapat lepas dari gravitasinya.

Biasanya, lubang hitam berbobot sekitar 5–10 kali massa Matahari kita, dibatasi oleh ukuran bintang yang runtuh untuk membentuknya, menurut situs Express, Kamis, 4 Mei 2023.

Bumi Resources Raih Laba Bersih US$67,63 Juta di Kuartal I-2024

Lubang hitam atau black hole.

• Russia Today

Namun para astronom juga menemukan bahwa sebagian besar galaksi juga mengandung lubang hitam supermasif di pusatnya. Konsentrasi materi yang mencengangkan ini dapat mengandung jutaan atau bahkan miliaran kali massa Matahari.

Jika sebuah bintang kurang beruntung, berkeliaran terlalu dekat dengan lubang hitam supermasif dapat membuat bintang terkoyak oleh gaya gravitasi, dalam apa yang oleh astrofisikawan sebagai peristiwa gangguan pasang surut.

Saat materi bintang ditarik ke sekitar dan ke dalam lubang, bintang melepaskan kilatan radiasi elektromagnetik yang terang. Hingga saat ini, para astronom telah mendeteksi cahaya dari sekitar 100 peristiwa gangguan pasang surut di galaksi jauh.

Sebagian besar kilatan ini diambil oleh teleskop berbasis darat dan luar angkasa yang terlihat dalam sinar-X dan bagian spektrum yang terlihat.