Asteroid dari Pecahan Bulan Mengorbit Bumi

Asteroid / komet.
  • Firstpost

VIVA Tekno – Bulan mendominasi pandangan kita tentang langit malam. Tapi itu bukan satu-satunya yang mengorbit Bumi. Sejumlah kecil dari apa yang disebut para ilmuwan sebagai satelit semu juga mengorbit Bumi.

5 Ramalan Populer Jayabaya yang Diyakini Telah Terjadi Di Indonesia

Salah satunya disebut Kamo'oalewa dan merupakan asteroid dekat Bumi. Ini mirip dengan Bulan dalam beberapa hal. Mungkinkah itu bongkahan Bulan?

Kamo'oalewa ditemukan pada tahun 2016 dengan Pan-STARRS di Observatorium Haleakala. Ini adalah objek yang tidak biasa karena orbitnya berubah seiring waktu. Tapi saat berubah, ia selalu berada di dekat Bumi.

Gerhana Bulan Penumbra Siap Menyapa Malam Ini, Catat Jam dan Lokasinya

Permukaannya juga luar biasa. Itu memantulkan cahaya dengan cara yang sama seperti Bulan, berkat adanya silikat. Meski itu petunjuk yang menarik tentang asal-usulnya, tapi itu bukan satu-satunya petunjuk.

Sementara Kamo'oalewa bukan satu-satunya satelit semu atau satu-satunya di grup Apollo, benda itu adalah yang terkecil, terdekat, dan paling stabil di antara yang lainnya.

Kiamat Terjadi 2 Tahun Lagi

Sebuah studi baru meneliti orbit objek untuk memahami apakah itu bisa dikeluarkan dari Bulan. Studi ini menggunakan jalur Orbital untuk Lunar-Ejecta Origin of the Near-Earth Asteroid Kamo`oalewa. Penulis pertamanya adalah Jose Daniel Castro-Cisneros dari Departemen Fisika di Universitas Arizona.

Terkadang, benda kecil di Tata Surya tidak mengikuti orbit heliosentris. Sebaliknya, karena resonansi orbit, mereka dapat berbagi orbit planet masif. Ini disebut objek co-orbital dan Trojan Jupiter.

Ada tiga jenis co-orbital utama yakni Trojan/kecebong (T), tapal kuda (HS), dan satelit retrograde/satelit kuasi (QS)  Dua jenis yang penting dalam penelitian ini adalah dua yang terakhir, HS dan QS.

Bumi dan Bulan.

• First Post

Kamo'oalewa berada di luar Earth's Hill Sphere, yang merupakan wilayah ruang angkasa yang mendominasi daya tarik satelit. Bulan berada di dalam Hill Sphere dan meskipun orbitnya mengalami gangguan dan perubahan kecil, Bulan cukup stabil.

Tapi Kamo'oalewa berada di luar bola dan orbitnya sangat elips. Ini disebut quasi-satelit karena Matahari memberikan lebih banyak tarikan daripada Bumi, menurut situs Science Alert, Jumat, 5 Mei 2023.

Bumi memiliki 21 objek co-orbital, dua adalah Trojan, enam dalam keadaan QS, dan 13 sedang mengalami gerakan HS. Tapi Kamo'oalewa berbeda dari objek QS lainnya.

Sebanyak 20 lainnya hanya sementara dalam keadaan co-orbital, biasanya kurang dari beberapa dekade. Sementara Kamo'oalewa bertahan. Ini bertransisi bolak-balik antara gerakan HS dan gerakan QS dan telah melakukan ini selama berabad-abad. Mereka akan terus melakukannya selama berabad-abad.

"Mengingat orbitnya yang mirip Bumi dan kemiripan fisiknya dengan material permukaan Bulan, kami mengeksplorasi hipotesis bahwa itu mungkin berasal dari puing-puing dari dampak meteoroid dengan permukaan Bulan," tulis makalah tersebut.

Karena mereka tidak dapat kembali ke masa lalu dan mengamati Bulan selama sejarah pengebomannya yang panjang, para ilmuwan melakukan hal terbaik berikutnya.

Mereka menggunakan komputer untuk mensimulasikan peristiwa dengan berbagai macam nilai variabel dan melihat apa yang mereka temukan. Dalam makalah ini, para peneliti memodelkan partikel yang terlontar dari Bulan melalui tabrakan.