Alien Sembunyi di Bulan Planet Uranus

Planet Uranus .
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno  – Jika ada kehidupan ekstraterestrial di Tata Surya kita, para ahli telah lama berpikir alien mungkin bersembunyi di bawah permukaan Mars, di awan Venus atau di lautan es bulan Jupiter dan Saturnus.

UFO Terpantau Lagi Keliling Bulan

Tetapi sebuah studi baru menunjukkan kemungkinan lain. Ilmuwan NASA mengatakan bulan Uranus Titania dan Oberon mungkin juga memiliki lautan yang cukup hangat untuk mendukung kehidupan, menyarankan agar kita juga mencari alien di sana. 

Mereka membuat penemuan setelah menganalisis ulang data dari jarak terbang dekat Uranus Voyager 2 pada 1980-an, serta menggunakan pemodelan komputer untuk mencari tanda-tanda air di lima bulan es terbesar di planet itu.

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Ini adalah penelitian pertama yang menetapkan bagaimana susunan dan struktur interior telah berevolusi pada Ariel, Umbriel, Titania, Oberon, dan Miranda, dikutip dari situs Daily Mail, Minggu, 7 Mei 2023.

Empat di antaranya –kecuali Miranda, bulan Uranus yang terdalam dan terbesar kelima– kemungkinan mengandung samudra di antara inti dan kerak esnya.

Top Trending: Naik Bus Hantu dari Lampung ke Bekasi, Pimpinan Aolia Mbah Benu Beri Klarifikasi

Perairan ini bisa sangat luas sehingga dalamnya masing-masing hingga puluhan mil, ungkap para peneliti NASA dari Jet Propulsion Laboratory di California Selatan.

Ilustrasi planet di tata surya.

Photo :
  • Vito Technology

Mereka sampai pada kesimpulan setelah menetapkan bahwa Ariel, Umbriel, Titania, dan Oberon kemungkinan  besar cukup terisolasi untuk mempertahankan panas internal yang diperlukan untuk menampung lautan.

Di Titania dan Oberon bahkan mungkin cukup hangat untuk mendukung kehidupan di luar bumi, kata para ilmuwan.

Studi didukung oleh penemuan  sumber panas potensial di mantel berbatu bulan yang melepaskan cairan panas dan akan membantu lautan mempertahankan lingkungan yang hangat. 

Secara keseluruhan, Uranus memiliki setidaknya 27 bulan yang mengitarinya, dengan empat bulan terbesar mulai dari Ariel – ldengan lebar 720 mil (1.160 km)– hingga Titania yang lebarnya 980 mil (1.580 km). 

Para ahli telah lama percaya bahwa yang terakhir, mengingat ukurannya, kemungkinan besar akan mempertahankan panas internal karena kehangatan yang diciptakan oleh peluruhan radioaktif.

Sebagai perbandingan, di Bumi 50 persen panas yang dilepaskan planet kita dihasilkan oleh peluruhan radioaktif unsur-unsur seperti uranium dan torium.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya