Pesawat Misterius China Mendarat di Bumi

Peluncuran Roket Milik China pada Agustus 2022.
Sumber :
  • Gizmodo.com

VIVA Tekno - Sebuah pesawat ruang angkasa eksperimental China telah mendarat kembali di Bumi setelah 276 hari di orbit . Kendaraan itu menguji teknologi roket yang dapat digunakan kembali oleh negara tersebut. 

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Menurut laman IFL Science , Rabu, 10 Mei 2023, pesawat ruang angkasa itu berhasil mendarat di Pusat Peletakan Satelit Jiuquan di China barat laut dan menjadi subyek pemicuan selama berada di luar angkasa karena misinya yang misterius. 

Pertama kali dilaporkan oleh agen media pemerintah Tiongkok, Xinhua News , penerbangan itu melanjutkan program roket Tiongkok yang dapat digunakan kembali untuk metode pulang-pergi yang lebih nyaman dan terjangkau untuk penggunaan ruang angkasa secara damai di masa depan. 

Hizbullah Hujani Israel Puluhan Roket usai 7 Paramedis Lebanon Tewas

Pesawat ruang angkasa diselimuti kerahasiaan. Itu tidak memiliki informasi yang diketahui, tidak ada gambar yang tersedia, dan tidak diketahui ketinggian apa yang dicapainya serta teknologi apa yang sedang diuji. 

Sekarang telah dilaporkan bahwa roket dan muatannya kemungkinan sedang menguji teknologi yang mirip dengan X-37B Angkatan Luar Angkasa AS, meskipun tidak jelas sejauh mana mereka telah berhasil. 

China Gelar Kompetisi Sunat Online, Diikuti Puluhan Dokter Bedah

Hal yang diketahui hanyalah pesawat yang diluncurkan dengan roket Long March 2F dari gurun Gobi pada Agustus 2022. Dari sana, benda itu melepaskan satelit yang tetap dekat dengan pesawat utama dan dilacak oleh Skuadron Pertahanan Luar Angkasa ke-18 Angkatan Luar Angkasa AS. 

Pesawat mata-mata X-37B milik AS.

Photo :
  • Gaia

Meski begitu, kedekatannya dengan pesawat ruang angkasa yang lebih besar membuatnya sulit untuk diidentifikasi. Tidak jelas juga apakah satelit kembali dengan pesawat utama. 

Akhir tahun lalu X-37B mendarat di Kennedy Space Center setelah memecahkan rekor 908 hari di orbit pada misi keenam. Pada misi sebelumnya, pesawat tanpa awak itu menghabiskan 780 hari.

Detail tentang aktivitasnya selama perjalanan yang memecahkan rekor yang jarang terjadi, tetapi para pejabat mengklaim misi sedang melakukan sejumlah eksperimen ilmiah di sekitar 249 mil (400 kilometer) di atas Bumi.

Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat hanya mengungkapkan sedikit informasi tentang percobaan yang dilakukan di atas pesawat selama penerbangan terbarunya. 

Ini termasuk tes oleh Laboratorium Riset Angkatan Laut AS yang berhasil mengumpulkan cahaya dari Matahari sebelum memancarkannya kembali ke Bumi sebagai gelombang mikro dan penyebaran pelatihan satelit yang diarahkan secara elektromagnetik, yang dirancang oleh kadet Angkatan Udara AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya