Bahaya Berendam di Air Dingin

Ilustrasi air dingin.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Aktivitas berendam di air dingin telah memecah belah orang –beberapa menyukainya, sementara yang lain membencinya. Tetapi sekarang banyak yang mempraktikkannya setiap minggu atau bahkan setiap hari dengan keyakinan bahwa itu baik untuk kesehatan mental dan fisik mereka.

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

Terapi air dingin dapat berupa berenang di luar ruangan –di danau, sungai atau lautan– mandi air dingin, atau bahkan mandi es. Ini telah digunakan oleh olahragawan sebagai cara untuk mengurangi nyeri otot dan mempercepat waktu pemulihan di mana orang biasanya menghabiskan sekitar sepuluh menit setelah berolahraga sekitar 10 hingga 15 derajat Celcius.

Air dingin juga telah digunakan untuk membantu mengobati gejala depresi, nyeri dan migren. Memang, ada banyak kisah tentang bagaimana terapi air dingin telah mengubah hidup, menyembuhkan patah hati dan membantu orang di masa-masa sulit. 

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Sementara banyak penelitian telah menunjukkan manfaat terkait mandi es dan pemulihan pasca-olahraga, penelitian dari tahun 2014 menemukan mungkin ada efek plasebo yang terjadi. 

Penelitian tentang potensi manfaat terapi air dingin atau berenang di luar ruangan masih dalam tahap awal. Namun berendam di air dingin berpotensi menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh manusia.

6 Cara Efektif Mengurangi Mata Minus bagi Penderita dengan Tingkat Minus Rendah

Dengan aktivitas apa pun yang ditujukan untuk efek terapeutik, persyaratan minimumnya adalah 'tidak membahayakan'. Tapi peneliti tidak bisa mengaitkannya dengan air dingin karena mengandung banyak risiko. 

Ilustrasi es batu untuk mengobati sakit gigi.

Photo :
  • U-Report

Saat ini, sains yang sepenuhnya mendukung air dingin sebagai terapi belum tersedia dan belum diketahui apakah ada durasi atau suhu tertentu yang bekerja paling baik. 

Di Inggris Raya, suhu air di lingkungan alami kira-kira antara 10 hingga 28 derajat Celcius di musim panas, turun menjadi antara 0 hingga 7 derajat Celcius di musim dingin, menurut situs Live Science, Kamis, 11 Mei 2023.

Tampaknya untuk terapi air dingin, mandi pancuran dan berendam adalah pilihan yang aman karena mereka memiliki kendali lebih besar dalam hal suhu dan waktu pemaparan dibandingkan dengan air terbuka.

Salah satu masalah yang jarang diketahui terkait dengan perendaman air dingin adalah apa yang dikenal sebagai cedera dingin yang tidak membeku. Saat kita terkena dingin, normal jika tangan dan kaki terasa sangat dingin atau mati rasa dan mungkin kesemutan atau nyeri saat dihangatkan kembali.

Bagi kebanyakan orang, gejala ini bersifat sementara, dengan sensasi normal kembali dalam beberapa menit. Tetapi bagi mereka dengan luka dingin yang tidak membeku, gejala ini (nyeri, sensasi yang berubah, dan sensitivitas dingin) dapat bertahan di daerah yang terkena selama bertahun-tahun karena kerusakan saraf dan pembuluh darah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya