Tantangan Ekosistem Data Center di Indonesia

Perusahaan teknologi China ZTE.
Sumber :
  • South China Morning Post

VIVA Tekno – Riset Frost & Sullivan menyebutkan tujuh negara di Asia mengalami pertumbuhan pendapatan pusat data yang signifikan. Singapura dinilai sebagai pusat data center terbesar di Asia Tenggara, diikuti oleh Malaysia, Thailand, dan Indonesia.

Harley-Davidson Dapat Saingan Baru dari China

Indonesia, khususnya, memiliki rata-rata pertumbuhan industri tertinggi di kawasan ini. Penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi asal China, ZTE, mengingatkan pentingnya upaya untuk mengatasi tantangan dalam ekosistem pusat data sebagai upaya mendukung pertumbuhan data center di Indonesia yang kian berkembang.

"Dengan meningkatkan efisiensi energi, memodernisasi praktik konstruksi, serta mengoptimalkan operasi dan pemeliharaan, kita dapat menciptakan ekosistem data center yang lebih berkelanjutan dan efisien," kata Vice President ZTE Corporation Chu Yanli, dalam pernyataan resminya, Sabtu, 13 Mei 2023.

China Cegah Pengungkapan Pelanggaran HAM di Tibet dan Xinjiang oleh Media Asing?

Ia juga memastikan upaya meningkatkan efisiensi menjadi tantangan, mengingat semakin tinggi rasio total daya yang digunakan pusat data dengan daya yang dikirimkan ke peralatan komputasi atau power usage effectiveness (PUE), maka semakin tinggi biaya yang dibutuhkan.

Sementara itu, beberapa negara sudah menerapkan kebijakan emisi karbon yang lebih ketat, termasuk rencana kebijakan zero-emission pada 2060 di Indonesia yang mengharuskan penggunaan pusat data ramah lingkungan dan menggunakan teknologi hemat energi.

Mobil MPV Baru Ini Disebut Senyaman Rolls-Royce

"Untuk mematuhi kebijakan tersebut, diperlukan integrasi yang mendalam antara catu daya dan distribusi, koneksi yang disederhanakan, sistem pendingin yang lebih efisien, dan penggunaan Smart Management dengan sistem AI," ungkap Yanli.

Selain itu, menurut dia, implementasi pembangunan pusat data juga menjadi tantangan yang cukup besar karena masih adanya bentuk perencanaan yang tidak sesuai dengan layanan data center modern.

Saat ini, jenis investasi tradisional yang masih menganut konsep satu kali perencanaan, satu kali investasi, dan penyertaan modal yang besar, tidak sesuai dengan model pembangunan pusat data yang pada masa sekarang menganut beberapa fase investasi.

"Solusi prefabrikasi yang inovatif diperlukan untuk mewujudkan implementasi solusi dan layanan yang cepat. Hal ini dapat dicapai melalui modularisasi ruang data, modularisasi sistem secara penuh, dan solusi inovatif seperti data center prefabrikasi modular lengkap dan data center kontainer," ujarnya.

Kemudian, lanjut Yanli, rendahnya efisiensi operasi dan pemeliharaan di pusat data biasanya disebabkan oleh kurangnya tenaga sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan sistem manajemen yang terintegrasi.

Pemanfaatan sumber daya yang rendah akan menyebabkan penggunaan sumber daya listrik, sumber daya pendingin, dan sumber daya ruang yang tidak seimbang sehingga terjadi pemborosan sumber daya.

"Efisiensi dapat ditingkatkan dengan mengintegrasikan berbagai titik akses ke dalam sistem manajemen yang cerdas. Hal ini dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, pemeliharaan digital akan mengurangi staf dan meningkatkan efisiensi. Kedua, operasi cerdas dapat meningkatkan pemanfaatan sumber daya," papar Yanli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya