Keluarga Korban Penembakan Massal Tuntut Google hingga Meta

YouTube, Facebook, dan Instagram.
Sumber :
  • Dreamstime.com

VIVA Tekno – Anggota keluarga korban yang terbunuh dalam amukan penembakan massal di supermarket New York, AS tahun lalu resmi menggugat Google, Amazon, Meta, dan raksasa teknologi lainnya karena diduga membantu mengekspos pria bersenjata itu untuk 'propaganda' yang 'meradikalisasi' menjadi kekerasan. 

Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

Diajukan ke Mahkamah Agung New York pada Jumat pekan lalu, gugatan setebal 144 halaman mengklaim bahwa platform internet gagal mencegah penembak berusia 18 tahun, Payton Gendron, dari melihat materi ekstremis online dan mereka harus memikul tanggung jawab atas pembantaian di Buffalo. 

"Gendron termotivasi untuk melakukan kejahatan keji oleh propaganda rasis, anti-Semit, dan supremasi kulit putih yang diumpankan kepadanya oleh perusahaan media sosial yang produknya dia gunakan," kata pengaduan itu.

Google Pecat 28 Karyawan Setelah Protes Terhadap Kontrak dengan Pemerintah Israel

Keluarga menambahkan bahwa 'radikalisasi' adalah hasil dari 'keputusan sadar untuk merancang, memprogram, dan mengoperasikan platform dan alat yang memaksimalkan keterlibatan pengguna (dan pendapatan iklan yang sesuai) dengan mengorbankan keselamatan publik.

Gugatan tersebut diajukan oleh tiga kerabat korban dalam penembakan tersebut, serta Latisha Rogers yang selamat dan menargetkan perusahaan induk Facebook, Instagram dan WhatsApp - Meta, Reddit, Google, Snap Inc., Discord, dan Amazon - yang memiliki situs streaming video Twitch.

Tersangka Penembakan di Bandara Kuala Lumpur Coba Kabur dari Malaysia dengan Identitas Palsu

Google

Photo :

Keluhan selanjutnya mengklaim bahwa Gendron tidak memiliki riwayat kekerasan rasial atau kejahatan rasial sebelumnya, dengan alasan paparannya terhadap konten rasis online pada akhirnya menyebabkan pria bersenjata berat itu membunuh sepuluh orang dan melukai tiga lainnya, 11 di antaranya berkulit hitam.

November lalu, Gendron mengaku bersalah atas pembunuhan, kejahatan rasial, dan terorisme domestik, mengakui bahwa serangannya dimotivasi oleh kebencian rasial. Dia menerima hukuman seumur hidup, dan masih bisa dijatuhi hukuman mati atas tuduhan kejahatan rasial federal.

Gendron dilaporkan menerbitkan manifesto setebal 180 halaman yang menguraikan pandangannya tentang nasionalisme kulit putih, imigrasi massal, dan masalah politik lainnya beberapa hari sebelum penembakan, mengklaim bahwa dia mengadopsi ideologinya setelah dia mulai mengunjungi dewan.

Perusahaan yang memproduksi atau melengkapi peralatan yang digunakan untuk melakukan penembakan juga disebutkan dalam gugatan tersebut, termasuk dealer senjata Vintage Firearms –yang menjual senapan Bushmaster XM-15 gaya AR-15 milik Gendron– dan produsen pelindung tubuh RMA Armament.

Menurut situs Russian Today, Senin, 15 Mei 2023, Google kemudian menanggapi gugatan tersebut dalam sebuah pernyataan, mengatakan pihaknya memiliki simpati terdalam untuk para korban dan keluarga dari serangan mengerikan itu.

Raksasa mesin pencari itu menyatakan bahwa platform videonya, YouTube, telah berinvestasi dalam teknologi, tim, dan kebijakan untuk mengidentifikasi dan menghapus konten ekstremis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya