Bumi Harusnya Sudah Lama Tiada

Planet-planet di Tata Surya.
Sumber :
  • Vito Technology

VIVA Tekno Bumi mungkin seharusnya tidak ada. Studi terbaru melihat orbit planet-planet tata surya bagian dalam -Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars- kacau dan model menunjukkan bahwa planet-planet dalam ini seharusnya sudah saling bertabrakan sekarang. Namun, itu belum terjadi.

Kapan Bumi Kiamat?

Penelitian baru ini diterbitkan pada 3 Mei di jurnal Physical Review X yang akhirnya dapat menjelaskan alasannya, mengutip dari situs Live Science, Senin, 15 Mei 2023.

Melalui penyelaman mendalam ke dalam model gerakan planet, para peneliti menemukan bahwa gerakan planet bagian dalam dibatasi oleh parameter tertentu yang bertindak sebagai penambat untuk menghambat kekacauan sistem. 

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Selain memberikan penjelasan matematis untuk keselarasan yang tampak di tata surya kita, wawasan studi baru ini dapat membantu para ilmuwan memahami lintasan planet ekstrasurya yang mengelilingi bintang lain. 

Planet terus-menerus saling menarik gravitasi satu sama lain dan tarikan kecil ini terus-menerus membuat penyesuaian kecil pada orbit planet. Planet luar, yang jauh lebih besar, lebih tahan terhadap tarikan kecil sehingga mempertahankan orbit yang relatif stabil. 

Bumi Resources Raih Laba Bersih US$67,63 Juta di Kuartal I-2024

Masalah lintasan planet dalam, bagaimanapun, masih terlalu rumit untuk dipecahkan secara tepat. Pada akhir abad ke-19, ahli matematika Henri Poincare membuktikan bahwa secara matematis mustahil untuk memecahkan persamaan yang mengatur gerak untuk tiga atau lebih objek yang berinteraksi, sering dikenal sebagai 'masalah tiga benda'.

Bumi dan Matahari yang dilihat dari luar angkasa.

Photo :
  • Getty Images

Akibatnya, ketidakpastian dalam detail posisi awal dan kecepatan planet membengkak dari waktu ke waktu. Dengan kata lain, dimungkinkan untuk mengambil dua skenario di mana jarak antara Merkurius, Venus, Mars, dan Bumi berbeda sedikit saja. Satu skenario planet saling bertabrakan dan di skenario lain mereka membelok. 

Waktu yang diperlukan untuk dua lintasan dengan kondisi awal yang hampir identik untuk menyimpang dengan jumlah tertentu dikenal sebagai waktu Lyapunov dari sistem kacau. 

Pada tahun 1989, Jacques Laskar, astronom dan direktur penelitian di Pusat Penelitian Ilmiah Nasional dan Observatorium Paris bersama rekan penulis studi baru, menghitung karakteristik waktu Lyapunov untuk orbit planet tata surya bagian dalam hanya 5 juta tahun. 

"Artinya pada dasarnya Anda kehilangan satu digit setiap 10 juta tahun. Jadi, misalnya ketidakpastian awal posisi planet adalah 15 meter, 10 juta tahun kemudian ketidakpastian ini menjadi 150 meter. Memberikan ketidakpastian 150 juta kilometer, setara dengan jarak antara Bumi dan Matahari. Pada dasarnya Anda tidak tahu di mana letak planet itu," kata Laskar.

Meskipun 100 juta tahun mungkin tampak lama, tata surya itu sendiri berusia lebih dari 4,5 miliar tahun dan tidak adanya peristiwa dramatis —seperti tabrakan planet atau planet yang terlempar dari semua gerakan kacau ini— telah lama membingungkan para ilmuwan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya