Ratusan Artefak Kuno yang Pernah Dijarah Berhasil Dipulihkan

Athena, Yunani.
Sumber :
  • pixabay

VIVA Tekno – Yunani mengatakan telah memulihkan ratusan artefak dari jaman Neolitik hingga Bizantium yang dijarah, termasuk patung perunggu Alexander Agung dari abad kedua dari pedagang barang antik Inggris yang terkenal setelah pertempuran hukum selama 17 tahun.

Estafet Obor Olimpiade Paris 2024 Dimulai! Dinyalakan dari Tempat Kelahiran di Yunani

Pengumuman bahwa 351 objek dari koleksi Symes sedang dipulangkan setelah perjuangan hukum selama 17 tahun dibuat oleh Menteri Kebudayaan Yunani, Lina Mendoni pada hari Jumat pekan lalu, melansir BBC.

Pertarungan untuk memulangkan harta benda sejarah itu dimulai pada 2006 dengan pihak berwenang menyelidiki perusahaan eponymous Robin Symes, tokoh kunci dalam perdagangan barang antik ilegal yang terkait dengan perampok makam Italia.

British Museum Tuntut Kurator karena Curi dan Jual Ilegal 1.800 Artefak Sejarah

Zeus dalam mitologi Yunani

Photo :
  • Mythopedia
Kereta Pembawa Lusinan Tank Amerika Dihadang Gerombolan Anggota Partai Komunis

Artefak Italia itu ditemukan di unit penyimpanan di Freeport Jenewa tetapi kementerian kebudayaan Yunani tidak merinci apakah penemuannya terkait dengan hasil tangkapan Italia.

Koleksi ekstensif yang dipulangkan ke Yunani termasuk benda-benda penting seperti patung era Neolitik yang diukir dari batu putih, yang berasal dari milenium keempat SM.

Penemuan penting lainnya termasuk patung Cycladic Awal yang berasal antara 3200 dan 2700 SM, patung marmer yang rusak dari kore periode Archaic dari 550-500 SM dan kepala marmer Archaic baik dari kore atau sphinx dari 550-500 SM.

Yunani telah berjuang untuk memulangkan artefak yang dijarah dari museum dan koleksi pribadi di seluruh dunia.

Tiga fragmen kuil Parthenon Athena, yang disimpan oleh Vatikan selama berabad-abad, dikembalikan ke Yunani pada bulan Maret dalam apa yang disebut Paus Fransiskus sebagai isyarat persahabatan.

Fragmen monumen tersebar di banyak museum terkenal.

Athena

Photo :
  • unsplash,com

Awal tahun ini, laporan juga muncul bahwa pemerintah Yunani dan British Museum sedang dalam pembicaraan lanjutan untuk mengembalikan Parthenon Marbles.

Patung kuno, juga dikenal sebagai Elgin Marbles, diambil dari kuil Parthenon di Athena pada awal abad ke-19 oleh diplomat Inggris Lord Elgin dan disimpan oleh British Museum sejak saat itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya