YouTube Pensiunkan Fitur Stories karena Tidak Menarik Lagi

Fitur YouTube Widget.
Sumber :
  • Gizchina.com

VIVA Tekno - YouTube akan menghapus Stories, sebuah fitur untuk postingan sementara, pada bulan Juni mendatang. Pengguna tidak akan dapat memposting Stories mulai 26 Juni dan postingan yang sudah ada akan kedaluwarsa setelah tujuh hari.

Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya

Stories pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017 dengan nama Reels dan tersedia untuk pengguna dengan lebih dari 10.000 pelanggan, melansir dari laman The Verge, Jumat, 26 Mei 2023.

Mirip dengan Instagram, Stories di platform berbagi video itu menghilang setelah jangka waktu tertentu. Kreator dapat menggunakan Stories untuk memposting pembaruan atau konten di balik layar untuk mempromosikan channel mereka.

Sang Anak Minta Transfer Uang ke Jemaat, Sumber Penghasil Pendeta Gilbert Jadi Sorotan

Tetapi semakin hari fitur tersebut tampak tidak menarik karena aksesnya terbatas. Beberapa pembuat konten tampaknya memposting Stories secara teratur namun fitur tersebut tidak mendapatkan banyak promosi bahkan dari YouTube.

Dengan tidak adanya Stories, YouTube ingin kreator memposting konten ke platform lain di platform seperti Postingan Komunitas dan Shorts.

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

YouTube, Facebook, dan Instagram.

Photo :
  • Dreamstime.com

Perusahaan baru-baru ini memperluas akses ke Postingan Komunitas, fitur pembaruan berbasis teks, dan menambahkan kemampuan untuk membuat postingan kedaluwarsa setelah jangka waktu tertentu.

Kreator juga dapat membagikan polling, kuis, gambar, dan video sebagai Postingan Komunitas, yang muncul di tab di channel.

YouTube juga telah bekerja untuk menyalurkan popularitas video bentuk pendek ke pesaing TikToknya, Shorts, dan mencoba meyakinkan pembuat video bentuk panjang tradisional untuk mulai membuat konten yang lebih pendek. 

Pada bulan Februari, YouTube mulai berbagi pendapatan iklan dari video Shorts dengan kreator di bawah rencana monetisasi yang diperbarui. 

Meskipun banyak platform telah mengadopsi format cerita yang pertama kali dipopulerkan oleh Snapchat, YouTube bukanlah yang pertama menghentikan versinya. Fleets, fitur serupa di Twitter juga telah hilang dalam setahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya