Kompetisi Daur Ulang Kardus untuk Mengurangi Emisi Karbon

Ilustrasi emisi karbon.
Ilustrasi emisi karbon.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Nol emisi karbon atau net zero emission adalah kondisi di mana jumlah emisi karbon yang dilepaskan ke atmosfer tidak melebihi jumlah emisi yang mampu diserap oleh Bumi.

Pertamina Siap Kembangkan Pusat Riset Energi Berkelanjutan di IKN 

Untuk mencapainya diperlukan sebuah transisi dari sistem energi yang digunakan sekarang ke sistem energi bersih guna mencapai kondisi seimbang antara aktivitas manusia dengan keseimbangan alam.

Pemerintah Indonesia serius mewujudkan komitmen nol emisi karbon. Karenanya, pemerintah tengah menyusun sebuah roadmap untuk merealisasikan net zero emission demi menghadapi berbagai tantangan serta risiko perubahan iklim di masa mendatang.

KLHK Gelar Festival Lingkungan, Tekankan Pentingnya Pilah Sampah dari Rumah

Raksasa elektronik Panasonic percaya bahwa setiap langkah kecil yang diberikan, akan menjadi langkah besar ke depannya bila terus dilakukan.

Karena itu, setiap program jangka panjang yang dibuat berlandaskan pada 'green business industry' untuk mengurangi emisi karbon hingga lebih dari 300 juta ton atau satu persen secara global.

Viral Cinta Kuya Punguti Botol Bekas Demi Dapat Uang, Netizen: Didikan Orangtuanya Hebat

Pada tahun ini, Panasonic berinisiatif mengadakan kompetisi seni (art competition) untuk mendorong konsumen mendaur ulang kardus Panasonic menjadi barang yang lebih bermanfaat.

"Kami terus berupaya untuk mengurangi emisi karbon dari setiap produk yang dibuat, sehingga dapat memberikan pengaruh positif terhadap lingkungan maupun isu perubahan iklim," kata Direktur Utama Panasonic Gobel Indonesia Keisuke Nakagawa, dalam keterangan resminya, Selasa, 30 Mei 2023.

Selain itu, ia juga membuka kerja sama dengan organisasi nonprofit maupun langsung dengan Panasonic Global untuk kebutuhan masyarakat.

Contohnya, kerja sama Panasonic dengan NGO One Championship dalam mendukung kampanye Light My Path (Lentera Bertenaga Surya), atau pun memberikan bantuan listrik berupa Panasonic Power Supply Container ke Sekolah Dasar Negeri 01 Karimunjawa, Jawa Tengah.

"Kami percaya bahwa sudah sepatutnya kita semua menjaga keberlangsungan Bumi. Maka dari itu, kami memiliki program sustainability, yang bertujuan untuk mengedukasi bagaimana produk kami aman bagi lingkungan dan mendukung penyelamatan lingkungan," ungkap Viya Arsawireja, Head of Communications Panasonic Gobel Indonesia.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya