Geger Bengkel Pembalsaman Mumi Ditemukan, Begini Penampakannya

Ilustrasi mumi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Mesir belum lam ini mengumumkan hal yang mengejutkan, yaitu penemuan makam dan bengkel pembalseman mumi kuno terbaru di dekat Kota Kairo pada sebuah nekropolis Firaun.

Merawat Silek Galombang 12 Batipuh Pitalah Bungo Tanjuang

Dilansir dari VOA News, Rabu, 31 Mei 2023, Llokasi penemuannya terletak di nekropolis Saqqara, yang dulunya merupakan bagian dari ibu kota Mesir Kuno, Memphis, dan sekarang merupakan warisan budaya UNESCO.

7 Negara Paling Beragam di Asia, Indonesia Nomor Segini

Bengkel Mumi Kuno

Photo :
  • Istimewa

"Bengkel ini digunakan untuk memumifikasi manusia dan hewan-hewan suci," kata Mostafa Waziri, Sekretaris Jenderal dari Dewan Agung Barang Kuno.

Maroko Masuk dalam 5 Besar Negara Terkaya di Afrika

"Bengkel dan kuburan ini telah ada sejak zaman Dinasti Mesir Kuno yang ke-30 (380 SM hingga 343 SM) dan Zaman Ptolemaik (305 SM hingga 30 SM)," ucapnya.

Di dalam bengkel tersebut, arkeolog menemukan pot tanah liat dan beberapa barang yang digunakan untuk proses mumifikasi makhluk hidup, serta guci-guci ritual, kata Waziri.

Sementara itu, menurut Sabri Farag, ketua situs arkeologi Saqqara, kuburan yang mereka temukan digunakan untuk pejabat tinggi dari Kerajaan Lama Mesir Kuno dan tokoh agama dari Kerajaan Baru.

Belakangan ini, pemerintah Mesir sedang menggencarkan promosi penemuan barang-barang penemuan kuno kepada media internasional dan diplomat.

Pemerintah Mesir berharap penemuan barang-barang kuno dapat menarik banyak turis untuk mengunjungi Mesir dan untuk merevitalisasi industri yang pernah hancur akibat pergolakan politik pada 2011.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya