Tips Buat Konten Visual yang Asyik

Tech influencer Dhiarcom (tengah).
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Di era modern seperti sekarang ini, membuat konten menjadi hal yang lumrah, baik sekedar hobi maupun untuk diseriusi. Terlebih lagi telah banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan kontennya, baik dalam format durasi panjang maupun pendek. 

Daftar Lengkap Harga HP Samsung per 16 April 2024

Konten visual diketahui mempunyai beberapa kelebihan seperti meningkatkan interaksi, mudah dimengerti dan mempunyai daya tarik yang kuat. 

Elemen seperti warna, ilustrasi ataupun bentuk konten infografis, meme, foto hingga video, menjadi aspek yang mendukung sebuah pesan tersampaikan secara efektif dan efisien. 

Tak Ingin Terjebak Macet, Pengemudi Toyota Agya Ini Berakhir Malu

"Memang bukan perjalanan yang mudah saat saya memutuskan untuk menekuni profesi ini pada tahun 2009, dimana saat itu kemajuan teknologi dan perkembangan sosial media belum semasif saat ini," kata tech influencer Dhiarcom di Jakarta, Rabu, 31 Mei 2023 

Menurutnya saat ini bukan hanya jenis konten saja yang berkembang, tetapi mulai dari kemudahan akses terhadap variasi pilihan produk elektronik yang dapat digunakan untuk menekuni profesi ini. Berikut ini adalah serba-serbi membuat konten yang asyik.

3 Mobil Berujung Tabrakan Karambol Akibat Keliru saat Menikung

Tentukan niche sebagai seorang kreator

Ilustrasi orang kesulitan membuat konten.

Photo :
  • U-Report

Memiliki niche atau DNA yang membedakan konten dari jutaan konten kreator di luar sana sangatlah penting. Dhiarcom menggunakan nama 'Dhiarcom' yang sebelumnya dibuat pada tahun 2009.

"Pada tahun 2014 saya mulai memanfaatkan media sosial untuk berbagi review mengenai travel and culinary. 2 tahun berlalu, Dhiarcom menyadari bahwa topik tersebut tidak sesuai dengan audiens yang dimiliki," ujarnya. 

Dia kemudian mencoba peruntungan baru dengan mengulas produk-produk dari salah satu kategori favoritnya yaitu elektronik yang ternyata mendapatkan antusiasme dari penonton.

Sesuaikan keahlian dan hobi

Blogger membuat konten blog.

Photo :
  • U-Report

Penting untuk menciptakan konten yang sesuai dengan keahlian atau minat agar dapat memberikan nilai tambah kepada audiens. Dengan fokus pada bidang yang dikuasai, kita dapat menawarkan wawasan yang berharga dan mengikuti perkembangan serta tren terkini. 

Ini juga memungkinkan seorang konten kreator untuk menciptakan konten yang relevan dan bermutu, sehingga audiens bisa mengandalkan konten sebagai sumber informasi yang terpercaya.

Konsisten dan terus upgrade kualitas

Warga Bondowoso membuat konten YouTube

Photo :
  • tvonenews.com

Konsistensi dalam menghasilkan konten juga merupakan faktor penting karena dapat membantu membangun ekspektasi, kepercayaan, dan hubungan jangka panjang dengan audiens.

"Tidak hanya konsisten, penting juga untuk terus meningkatkan kualitas konten yang dihasilkan. Industri kreasi konten terus berkembang dengan cepat, dan audiens memiliki harapan yang semakin tinggi terhadap konten yang mereka konsumsi," katanya.

Untuk tetap relevan dan menarik, penting untuk selalu memperbarui pengetahuan dan keterampilan dalam menciptakan karya yang berkualitas. 

"Kalau masih merintis, tidak perlu kok langsung beli peralatan yang paling bagus dan mutakhir atau bayar editor pribadi, mulai saja pelan-pelan. Tidak ada salahnya pakai smartphone dulu. Setelah itu kalian bisa mencicil barang penting lainnya, seperti ring light dan microphone," jelas Dhiarcom. 

Jangan takut memulai

Logo Shopee - Kantor Shopee

Photo :
  • Antara

Banyak orang merasa ragu dan terhambat oleh ketakutan akan kegagalan atau kurangnya pengalaman. Namun, penting untuk mengatasi rasa takut ini dan memulai langkah pertama. 

Dhiarcom juga bercerita bahwa dia mengikuti Shopee Affiliate. Program ini memberikan kesempatan bagi para content creator untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

"Program ini dapat memberikan peluang untuk memperluas jangkauan pasar saya sekaligus memberikan opsi platform terpercaya untuk membeli barang elektronik kepada followers dan subscribers," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya