Operator Telekomunikasi Tidak Hanya Cari Duit dari Iklan

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH).
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Saat ini, iklan digital semakin menjadi pilihan di era data karena memiliki programmatic processes melalui internet untuk menyampaikan pesan pemasaran atau marketing dalam berbagai format kepada pengguna internet.

Indosat Tetap Tenang meski Ada Lonjakan

Indonesia juga merupakan pasar yang sangat digital savvy dengan nilai pasar sebesar US$2,8 miliar (Rp41,6 triliun). Monetisasi data untuk operator telekomunikasi membuka banyak pintu lebih dari sekadar penghasilan iklan.

Untuk itu, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dan perusahaan teknologi digital asal Singapura, Infomo Global Ltd, kerja sama memanfaatkan platform kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan pembelajaran mesin (machine learning/ML) untuk keperluan pemasaran dan iklan.

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

Platform tersebut akan menghubungkan pelanggan IOH dengan ekosistem periklanan digital di Indonesia untuk mendapatkan iklan yang relevan sesuai minat dan kebutuhan pelanggan.

Kerja sama ini juga nantinya akan memfokuskan pada solusi ID map unik yang dapat menghilangkan ketergantungan dari semua cookies pihak ketiga yang sudah terdepresiasi.

Indosat Siap Bantu Pemerintah Ciptakan 1 Juta Talenta Digital

Bukan itu saja. Platformnya memberikan solusi di mana teknologi Info IP map memastikan data dianonimkan secara lengkap sehingga tidak ada yang dapat mengidentifikasi pengguna. Solusi ini juga memiliki residensi data lengkap dan melindungi data pribadi pengguna.

Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison Ritesh Kumar Singh mengatakan kalau industri periklanan memasuki era digital baru dengan pengguna smartphone di Indonesia yang terus meningkat.

Dengan begitu, kolaborasi tersebut sebagai langkah strategis dalam menyediakan platform periklanan yang efektif untuk sasaran pelanggan yang lebih luas dan di saat yang bersamaan akan meningkatkan pengalaman pelanggan.

"Kami percaya bahwa kemitraan ini akan meningkatkan industri digital dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital Indonesia," ungkapnya, dalam konferensi pers virtual, Rabu, 7 Juni 2023.

Dengan konten iklan yang sangat interaktif, kolaborasi dengan Infomo yang memiliki teknologi Data Monetization Platform (DMP) dan Demand Side Platform (DSP) ini akan menghubungkan pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison dengan para agensi, publisher dan pemegang merek.

"Jadi bisa menampilkan personalized advertisement ke pelanggan IOH yang memiliki berbagai profil dan segmentasi potensial untuk keperluan advertising business," papar Ritesh.

Sementara itu, Kepala Eksekutif Global Infomo Ananda Rao mengaku membuka peluang operator telekomunikasi menggunakan Web3, ID Solutions untuk data pihak pertama, dan masih banyak lagi.

"Kami ingin membawa semua manfaat ini untuk pengiklan kami melalui berbagai interfaces. Ekosistem periklanan digital akan tumbuh lebih kuat lewat kemitraan kami bersama Indosat Ooredoo Hutchison," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya