5 Cara Membuktikan Bumi Bulat, bukan Datar

Bumi dilihat dari luar angkasa.
Sumber :
  • NASA

VIVA Tekno – Umat manusia telah mengetahui bahwa dunia tidak datar selama beberapa milenium dan ada banyak metode untuk membuktikan bahwa Bumi itu bulat. Moriel Schottlender memiliki beberapa cara untuk melakukan itu.

Mitos Seputar Gerhana Matahari Total, Hanya 1 yang Benar

Mengutip dari situs Popular Science, Kamis, 8 Juni 2023, berikut adalah 5 cara teratas untuk membuktikan dengan tegas, mutlak dan positif bahwa Bumi datar tidak benar.

1. Periksa bayangan di Bulan

BMKG: Kalimantan Diguncang Tujuh Kali Gempa pada 29 Maret-4 April 2024

Bumi

Photo :
  • 1326191
NASA Dapat Perintah Khusus dari Gedung Putih

Aristoteles (yang melakukan cukup banyak pengamatan tentang sifat bulat Bumi) memperhatikan bahwa selama Gerhana Bulan (ketika orbit Bumi menempatkannya tepat di antara Matahari dan Bulan, menciptakan bayangan dalam prosesnya), siluet di satelit permukaannya bulat. Bayangan ini adalah milik planet dan merupakan bukti besar bahwa Bumi bulat.

Karena bumi berotasi, bayangan oval yang dihasilkannya konsisten di setiap Gerhana Bulan, membuktikan bahwa planet kita bulat, tidak datar.

2. Ikuti kapal di cakrawala

Ilustrasi

Photo :
  • 564915

Jika Anda berada di pelabuhan atau hanya berjalan-jalan di pantai dan menatap kosong ke cakrawala, Anda mungkin telah melihat fenomena yang sangat menarik di mana kapal yang mendekat tidak hanya muncul dari cakrawala seperti seharusnya. Jika dunia itu datar, itu seolah-olah muncul dari bawah laut.

Tapi faktanya kapal tidak tenggelam dan bangkit kembali saat mendekati pandangan kita. Alasan mengapa kapal seolah-olah muncul dari gelombang adalah karena dunia tidak datar melainkan bulat.

3. Lihatlah bintang-bintang

Foto

Photo :
  • 109373

Pengamatan ini awalnya dilakukan oleh Aristoteles (384-322 SM), yang menyatakan bahwa Bumi itu bulat jika dilihat dari konstelasi berbeda yang dilihat seseorang saat menjauh dari ekuator.

"Ada bintang yang terlihat di Mesir dan Siprus yang tidak terlihat di wilayah utara," katanya setelah kembali dari perjalanan ke Mesir. 

Fenomena ini hanya dapat dijelaskan jika manusia melihat bintang-bintang dari permukaan yang bulat, mengklaim bahwa bola Bumi tidak berukuran besar, karena jika tidak, efek perubahan tempat yang begitu kecil tidak akan terlihat.

Semakin jauh Anda pergi dari ekuator, semakin jauh konstelasi yang diketahui menuju cakrawala, untuk digantikan oleh bintang yang berbeda. Sekali lagi, ini tidak akan terjadi jika dunia datar. 

4. Melakukan tes tongkat

Ilustrasi

Photo :
  • 1349943

Jika Anda menancapkan tongkat di tanah , itu akan menghasilkan bayangan. Bayangan bergerak seiring berjalannya waktu (yang merupakan prinsip jam bayangan kuno). Jika dunia datar, maka dua tongkat di lokasi berbeda akan menghasilkan bayangan yang sama.

Tapi hasilnya tidak akan seperti itu karena Bumi itu bulat, tidak datar. Eratosthenes (276-194 SM) menggunakan prinsip ini untuk menghitung keliling bumi dengan cukup akurat.

5. Naik pesawat

Bumi

Photo :
  • 1471169

Jika Anda pernah melakukan perjalanan ke luar negeri, khususnya perjalanan jarak jauh, Anda dapat melihat dua fakta menarik tentang pesawat dan Bumi. 

Pertama, pesawat dapat melakukan perjalanan dalam garis yang relatif lurus untuk waktu yang sangat lama dan tidak jatuh dari tepi mana pun. Alat transportasi itu juga bisa mengelilingi Bumi tanpa henti.

Kedua, jika Anda melihat ke luar jendela pada penerbangan trans-Atlantik, sering kali Anda dapat melihat kelengkungan Bumi di cakrawala. Pemandangan terbaik kelengkungan bisa disaksikan di Concorde.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya