'Meramal' Nasib Fitur Live Streaming

Ilustrasi live streaming.
Sumber :
  • Believe Music

VIVA Tekno – Perusahaan riset Populix menilai tren belanja menggunakan fitur live streaming masih terus berlanjut, selama industri tetap memberikan pengalaman yang menarik kepada target pasarnya.

Rencana AS untuk Melarang TikTok Memicu Perpecahan Nasional

"Kita bisa mengestimasi bahwa kemungkinan, ke depannya, tren belanja di live streaming akan sustain. Selama buyer tetap ter-entertain dan mendapatkan apa yang diinginkan. Saya melihat bisnis ini akan berkembang," kata Head of Research Populix Indah Tanip di Jakarta, Jumat, 9 Juni 2023.

Bukan tanpa alasan. Ia meyakini bahwa tren belanja menggunakan fitur live streaming terus berkembang juga karena berdasarkan riset yang dilakukan pada 12-23 Mei 2023 dengan rentang usia 17-45 tahun terhadap 506 responden di area Jabodetabek (25 persen), Jawa non Jabodetabek (50 persen), dan luar Pulau Jawa (25 persen).

Viral di TikTok, Begini Lirik Lagu Down Bad by Taylor Swift

Menurut Indah, riset tersebut menunjukkan tingginya nilai net promoter score (NPS), yaitu metode untuk mengukur berapa banyak orang yang mau merekomendasikan suatu produk kepada orang lain di sekitarnya.

Berdasarkan riset Populix, Shopee Live mendominasi bersama TikTok Live dengan NPS masing-masing 55 persen dan 51 persen.

Rekomendasi 5 Sepeda Listrik 1 Jutaan Terbaik

Sementara itu, diketahui bahwa Shopee Live merupakan fitur live streaming shopping yang paling banyak digunakan oleh responden (69 persen), sedangkan TikTok Live berada di urutan kedua (25 persen).

"Dari situ kita bisa lihat. Dari 100 orang yang pernah pakai Shopee Live, 55 di antaranya akan merekomendasikan ke orang lain. Begitu juga TikTok Live, di mana 100 orang yang menggunakannya, 51 akan merekomendasikan ke orang lain. Inilah alasannya mengapa industri ini akan terus berkembang, trennya long lasting," tutur Indah.

Ia pun memberikan tips untuk mengoptimalkan fitur live streaming untuk meningkatkan penjualan. Pastikan produk yang dijual memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan yang dicari calon pelanggan. Lalu, calon pembeli harus bisa melihat produk dengan jelas saat live streaming.

"Seller harus memastikan bahwa buyer dapat melihat produk dengan jelas. Kemudian, kalau produk kecantikan, bagaimana makeup-nya? waterproof atau enggak? Itu harus dicoba, sehingga buyer bisa merefleksikan diri mereka dari seller," papar dia.

Tips selanjutnya buatlah promosi yang menarik untuk pembeli seperti penawaran gratis ongkos kirim dan diskon. Karena, menurut Indah, promo kerap menjadi salah satu yang dicari calon pembeli saat hendak membeli produk ketika live streaming.

"Dari sisi seller itu harus bisa memastikan ketika orang klik window kita maka pastikan mereka enggak berpindah. Dibikin menarik dulu, terus tunjukkan barangnya dengan benar dan sempurna. Nah, baru dikuatkan dengan promosi-promosi lainnya," tegas Indah.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya