Seperti iPhone 4, Antena Nokia pun Bermasalah

E72, ponsel penerus Nokia E71
Sumber :
  • techtree.com

VIVAnews - Kampanye promosi Nokia yang meledek masalah antena pada iPhone 4, ternyata berbalik menyerang produknya sendiri.

Dulu Lawan Sekarang Kawan, Momen Shin Tae-yong Bawa Korsel Bantai Timnas Indonesia U-23

Pada blog resmi Nokia baru-baru ini, terdapat artikel bertajuk "How do you hold your Nokia?" yang meledek kelemahan di sisi penerimaan sinyal iPhone 4 yang banyak dikeluhkan orang. 

Pada artikel tersebut, Nokia memajang foto-foto ponsel Nokia E72 yang diklaim bisa digenggam dengan berbagai cara oleh pengguna, tanpa mengurangi kinerja antena di ponsel tersebut.

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

"Ada banyak cara menggenggam perangkat Nokia. Apakah Anda normal maupun kidal. Anda tak akan pernah kehabisan cara untuk menggenggam ponsel Nokia Anda," klaim Nokia pada blog tersebut.

Namun, ternyata blogger teknologi John Grubber punya fakta lain. Di blognya yang kesohor Daringfireball, Grubber menunjukkan link yang mengungkapkan bahwa ternyata  ponsel Nokia pun tak kebal dengan masalah antena. 

Gibran Akan Temui Wapres Ma'ruf Amin Sore Ini

Link di blog itu akan mengarahkan pembaca pada sebuah screenshot foto manual dari ponsel Nokia 2320 yang memperingatkan pengguna ponsel itu untuk memegang ponsel dengan cara yang benar.

Pada manual bagian Antenna, tertera: "Perangkat Anda memiliki antena internal dan eksternal. Jangan menyentuh wilayah antena saat antena mengirim atau menerima sinyal. Menyentuh antenas mengakibatkan kualitas komunikasi dan bisa menyebabkan perangkat untuk beroperasi dengan daya yang tinggi..."

Yang lebih telak, Grubber juga menyertakan sebuah video di YouTube yang menunjukkan masalah antena pada Nokia E71 yang kurang lebih sama seperti masalah antena pada iPhone 4. 


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya