Planet Mirip Bumi Sembunyi di Tata Surya

Exoplanet baru.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Bagian terjauh dari Tata Surya mencirikan alam yang redup. Wilayah ini akan jauh dari cahaya Matahari , bahkan sebuah planet yang relatif besar pun dapat dengan mudah luput dari perhatian kita.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Objek trans- Neptunus (TNO) yang baru-baru ini ditemukan ilmuwan di luar orbit Neptunus, menunjukkan beberapa perilaku pengelompokan aneh yang dapat mengindikasikan keberadaan dunia tersembunyi. 

Hal ini mendorong para ilmuwan untuk menyampaikan gagasan tentang Planet Kesembilan, sebuah planet terestrial besar yang tersembunyi jauh di luar jangkauan visibilitas.

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Kini, dua ilmuwan telah memberikan penjelasan alternatif. Pertama tentang dunia yang lebih sederhana, mirip Bumi , terletak lebih dekat dari Planet Sembilan di orbit miring yang mempunyai perilaku aneh karena dikaitkan dengan sesuatu yang lebih besar.

Menurut ilmuwan planet Patryk Sofia Lykawka dari Universitas Kindai di Jepang dan Takashi Ito dari Observatorium Astronomi Nasional Jepang, dunia yang beku dan gelap jika jauh dari Matahari, ukurannya tidak akan lebih besar dari 3 kali massa Bumi, dan tidak lebih jauh dari 500 unit astronomi Matahari .

Kapan Bumi Kiamat?

“Kami membayangkan keberadaan sebuah planet mirip Bumi dan beberapa objek trans-Neptunus pada orbit aneh di bagian luar tata surya, dapat menjadi tanda-tanda gangguan yang diduga terjadi pada planet tersebut,” ujarnya.

Ilustrasi planet kesembilan.

Photo :
  • Unsplash

Objek terjauh yang pernah ditemukan ilmuwan di Tata Surya berada pada jarak 132 unit astronomi dari Matahari. Sebagai perbandingan, Pluto berada pada jarak rata-rata sekitar 40 unit astronomi dari Matahari.

Namun di luar Neptunus (30 unit astronomi dari Matahari), terdapat kumpulan batuan es dan planet kerdil. Ini adalah sabuk Kuiper, dan objek yang ada di dalamnya adalah TNO.

Beberapa tahun terakhir, dengan teleskop dan survei yang lebih sensitif, mereka dapat menemukan lebih banyak TNO dibandingkan yang diidentifikasi sebelumnya, sehingga memungkinkan para ilmuwan untuk mulai memperhatikan polanya.

Salah satu pola tersebut adalah pengelompokan. Beberapa kelompok TNO berkumpul dan bergerak bersama dalam kelompok orbit miring yang menunjukkan bahwa mereka mempengaruhi gravitasi secara oleh sesuatu yang jauh lebih besar daripada objek lebih kecil yang dapat kita temukan hingga saat ini

Pada tahun 2016, astronom Caltech Mike Brown dan Konstantin Batygin menunjuk Planet Sembilan sebagai penyebabnya. Planet ini diperkirakan berukuran sekitar 6,3 kali massa Bumi, dan mengorbit pada jarak lebih dari 460 unit astronomi.

Debu supernova di laut bumi.

Photo :
  • http://www.isains.com/

Keduanya bukanlah orang pertama yang memberikan penjelasan. Lykawka dan rekannya Tadashi Mukai, saat itu di Universitas Kobe, mencatat pengelompokan TNO dan mempromosikan planet sabuk Kuiper yang tersembunyi secara hipotetis pada tahun 2008.

Dengan lebih banyak data tentang apa yang ada di luar sana, Lykawka dan Ito telah meninjau kembali ide tersebut dan menyempurnakannya. 

Mereka telah menemukan sifat-sifat planet hipotetis yang dapat menjelaskan beberapa keanehan Sabuk Kuiper. Pengamatan lebih lanjut dapat menentukan apakah mereka benar.

“Kami menyimpulkan bahwa sebuah planet mirip Bumi yang terletak pada orbit yang jauh dan miring dapat menjelaskan tiga sifat dasar Sabuk Kuiper yang jauh,” jelasnya.

Ketiganya adalah populasi TNO yang menonjol dengan orbit di luar pengaruh gravitasi Neptunus, populasi objek-objek dengan kemiringan tinggi dalam jumlah besar, dan objek-objek dengan kemiringan tinggi di mana beberapa yang ekstrem mempunyai orbit aneh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya