Gunung Berapi Kuno Simpan Kandungan Litium Terbesar di Dunia

Erupsi gunung berapi.
Sumber :
  • YouTube

VIVA Tekno – Sebuah gunung berapi super kuno di Amerika Serikat (AS) mungkin menyembunyikan deposit litium terbesar yang ditemukan di mana pun di dunia.

Mobil Sport Listrik Ini Akhirnya Bisa Dipesan, Harga Rp1,1 Miliar

Sebuah studi baru menyebut bahwa Kaldera McDermitt, yang terletak di perbatasan antara Nevada dan Oregon, mengandung lebih dari dua kali lipat konsentrasi litium yang terlihat di lapisan tanah liat lainnya secara global, yaitu sekitar 20 hingga 40 juta metrik ton secara total.

Perlu dicatat bahwa penelitian ini didanai oleh sebuah perusahaan pertambangan. Rencana untuk menambang logam lunak berwarna keperakan tersebut penuh dengan kontroversi.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Banyak ilmuwan, pemerhati lingkungan, peternak, dan orang-orang First Nations merasa prihatin dengan keputusan pemerintah AS baru-baru ini yang menyetujui tambang Thacker Pass Lithium di Kaldera McDermitt, yang berada di lahan suci bagi beberapa suku pribumi dan berisi habitat satwa liar yang berharga.

Saat ini, litium bagaikan emas cair bagi produsen mobil. Bahan bakar ini digunakan untuk membuat baterai pada kendaraan listrik, dan untuk memenuhi permintaan yang meningkat pesat, diperkirakan dibutuhkan jutaan metrik ton pada 2040.

Daftar Deretan Kampus Besar di Amerika Serikat yang Demo Dukung Palestina

Peralihan dari bahan bakar fosil adalah hal yang paling penting, namun solusi iklim ini dianggap tidak sempurna, mengutip dari situs Science Alert, Rabu, 13 September 2023.

Faktanya, desakan global untuk menggali lebih banyak litium dapat menimbulkan dampak buruk yang serius terhadap alam dan manusia.

Pengoperasiannya dapat merusak ekosistem, menguras air tanah, dan menghasilkan limbah dalam jumlah besar. Selama pembuatan baterai, bahan bakar fosil juga dibakar.

Saat ini, negeri Paman Sam itu sangat bergantung pada Tiongkok untuk produksi litiumnya, sehingga baru-baru ini ada dorongan untuk menambang lebih banyak.

Jika semuanya berjalan lancar, Thacker Pass Lithium akan menjadi tambang skala besar kedua di negara. Proyek ini dimiliki oleh Lithium Nevada, LLC, anak perusahaan Lithium Americas Corporation (LAC), yang mendanai penelitian terbaru.

Menurut tinjauan terbaru perusahaan tersebut, tepi paling selatan kaldera, termasuk Thacker Pass, mengandung konsentrasi litium tertinggi di wilayah tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya