Siap Unjuk Taring Usai Ngilmu Coding

Belajar Coding.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Riset Asian Development Bank (ADB) terhadap lima negara, yaitu Bangladesh, India, Indonesia, Filipina dan Amerika Serikat (AS), menemukan hampir 75 persen pemberi kerja membutuhkan talenta digital dengan keterampilan dasar, menengah, hingga lanjutan.

OIKN Bikin Program Agar Ibu hingga Penyandang Disabilitas di IKN Melek Digital

Indonesia merupakan salah satu negara yang membutuhkan talenta digital cukup besar dalam menyongsong era industri 4.0 dan bekal untuk meningkatkan nilai ekonomi digitalnya.

Sementara Bank Dunia melaporkan bahwa Indonesia masih akan membutuhkan tambahan 9 juta pekerja di bidang teknologi informasi (IT) pada 2025-2030.

2 Developer Perumahan di Bogor Digugat Karena Gagal Bayar, Kontraktor Beli Rumah Dijual Lagi

Data saat ini menunjukkan bahwa hanya 16 persen lulusan ilmu komputer yang berhasil memasuki dunia kerja sebagai developer.

Dalam upaya untuk memperkuat kompetensi talenta digital di Indonesia, Alibaba Cloud bersama Codepolitan meluncurkan DevHandal atau Developer Handal.

Dampingi Putrinya ke Polda Bali, Roy Marten Minta Developer Vila Sunset tanggung Jawab

Ini adalah program beasiswa belajar coding selama 1 tahun dan sertifikasi developer internasional untuk 3.000 orang generasi muda Indonesia.

DevHandal diinisiasi oleh Codepolitan – platform pembelajaran coding online dengan sistem gamifikasi, dan Alibaba Cloud, penyedia layanan komputasi awan dari Alibaba Group.

"Kami ingin membantu generasi muda Indonesia untuk mempersiapkan karir di bidang teknologi dengan menguasai keahlian coding," kata CEO Codepolitan Kresna Galuh, dalam siaran pers, Jumat, 15 September 2023.

 

Alibaba Cloud.

Photo :
  • Dok. Alibaba

 

Menurutnya, Program Developer Handal akan diselenggarakan dalam beberapa gelombang. Pada gelombang pertama, beasiswa akan diberikan terbatas kepada 3.000 orang yang pendaftarannya sudah dibuka sejak 10 September hingga 20 Oktober 2023.

Pendaftaran peserta DevHandal bisa diikuti secara gratis dan terbuka untuk umum bagi siapa saja yang ingin berkarir di bidang teknologi dan ingin menguasai keahlian coding.

Adapun keuntungan mengikuti program ini antara lain beasiswa belajar coding 1 tahun senilai Rp2,5 juta. Jika lulus, maka peserta akan meraih sertifikasi “Certified Developer” dari Alibaba Cloud. "Sertifikasi developer internasional ini sebagai validasi kemampuan pesert dan nilai tambah tinggi untuk persiapan karirnya," jelas dia.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya