Masyarakat 3T Siap Manfaatkan Internet Cepat

Teknologi satelit Telkomsat.
Sumber :
  • Dok: Telkomsat

VIVA Tekno – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melalui anak usahanya Telkomsat yang mengelola layanan bisnis telekomunikasi berbasis satelit berupaya melakukan pemerataan konektivitas digital hingga ke pelosok Indonesia dengan menghadirkan sinyal internet cepat di daerah yang tidak terjangkau melalui jaringan kabel, serat optik, maupun nirkabel.

Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

Telkomsat menyediakan layanan konektivitas berkecepatan tinggi dengan akses download hingga 180 Mbps dan upload sampai 20 Mbps per 1 terminal yang diperuntukkan bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), badan usaha, layanan kesehatan, dan pemerintahan terutama di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) di Indonesia Timur.

Saat ini terdapat sekitar 40 ISP lokal yang telah bekerja sama dengan Telkomsat untuk layanan MangoStar, di mana 50 persen di antaranya berada di kawasan timur Indonesia.

Festival Semarapura Kembali Digelar, Pemkab Klungkung Siapkan Ribuan Seniman dan Booth UMKM

Menara Telkomsat.

Photo :
  • Dok. Telkomsat
Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

"Kami menargetkan 1.000 lokasi yang dikelola oleh UMKM dan ISP-ISP lokal di daerah 3T di Indonesia Timur. Dari satu titik itu para UMKM dan ISP lokal dapat melayani puluhan hingga ratusan pelanggan," kata Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf, dalam konferensi pers virtual, Kamis, 14 Desember 2023.

MangoStar merupakan salah satu produk Telkomsat yang memberikan pengalaman baru kepada para pelanggannya dengan performa konektivitas paling canggih di kelasnya (enterprise-class connectivity) dan menawarkan berbagai solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, khususnya UMKM dan penyedia jasa layanan internet (internet service provider/ISP).

Data internal menyebutkan sejak satu tahun terakhir layanan ini mengalami pertumbuhan pelanggan sangat pesat, mencapai 10 kali lipat dalam rentang periode 2022-2023.

Menara Telkomsat.

Photo :
  • Dok. Telkomsat

Terobosan lain yang telah dilakukan adalah MangoStar di segmen maritim yang diluncurkan awal September 2023 dan diperuntukkan bagi pelanggan di sektor kelautan dengan fasilitas network monitoring system (NMS) 7x24 jam dan kecepatan akses download hingga mencapai 180 Mbps dan upload 20 Mbps per 1 terminal.

Lukman menambahkan jika Telkomsat sudah menyiapkan 9 Gateway dan 1 PoP untuk menyediakan konektivitas tersebut di seluruh Indonesia, yang dimulai sejak Juli 2022. "Kami terbuka dalam menjalin kerja sama dalam menyediakan solusi layanan komunikasi berbasis satelit dengan ISP-ISP lain," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya