Butuh Konsultan, SAP Rilis Program Pre-hired

Ilustrasi Tandatangan Kontrak
Sumber :
  • madison.k12.ct.us

VIVAnews - Karena kekurangan sumber daya untuk menjadi konsultan SAP, PT Monsoon Academy, mitra pendidikan resmi untuk SAP eAcademy di Indonesia, baru-baru ini meluncurkan program Pre-hired untuk menjawab kebutuhan SAP, mulai dari pengguna, mitra, serta bagi SAP sendiri.

Seiring dengan banyaknya implementasi project SAP di berbagai industri Tanah Air, kebutuhan sumber daya manusia (SDM), khususnya konsultan SAP, saat ini diakui meningkat.

"Dengan kata lain, sumber daya manusia yang terdidik di bidang SAP sangat dibutuhkan," kata Abdy Taminsyah, Managing Director Monsoon Academy, dalam keterangannya, Rabu 11 Agustus 2010. "Program Pre-hired ini diharapkan menjadi solusi win-win bagi pencari kerja dan perusahaan yang membutuhkan konsultan SAP."

Satu-satunya program di Asia ini merupakan program yang dilaksanakan oleh mitra pendidikan SAP eAcademy di Indonesia. Bagi mitra SAP, mereka akan memperoleh konsultan SAP yang telah memiliki sertifikasi tanpa perlu mengeluarkan investasi untuk pendidikan di SAP eAcademy bagi para calon konsultannya.

Sedangkan di sisi calon konsultan SAP, mereka sudah mendapat kepastian pekerjaan sebelum berinvestasi di SAP training di Monsoon Academy.

Program Pre-hired ini telah melalui batch 1, dan menyusul batch berikutnya dalam waktu dekat. Sejauh ini, perusahaan yang baru bergabung hanya sekitar tiga perusahaan dan membutuhkan sekitar 60 kandidat.

"Untuk menjadi konsultan SAP, Monsoon Academy membidik lulusan perguruan tinggi di bidang bisnis/ekonomi, manajemen, akuntansi, teknik industri, teknik informatika, psikologi dengan IPK tinggi," tutur Abdy.

Sekadar diketahui, perusahaan yang memakai solusi SAP mencapai hampir 100.000 di lebih dari 120 negara.

Secara lebih detail, mekanisme yang ditawarkan program Pre-hired kepada perusahaan pengguna SAP dan mitra SAP cukup sederhana. Mitra SAP cukup menginformasikan berapa jumlah konsultan SAP yang diperlukan untuk beberapa bulan mendatang beserta kualifikasinya.

Selanjutnya, Monsoon akan memberikan notifikasi ketika kandidat sudah siap untuk diseleksi. Kandidat yang lulus seleksi akan menerima surat penawaran kerja dari perusahaan, dengan catatan, kandidat telah mendapatkan sertifikasi SAP pada waktu yang telah disepakati.

Sayang, bagi kandidat yang memenuhi kualifikasi dapat bergabung dengan Monsoon SAP eAcademy perlu merogoh kocek Rp10 juta sebagai deposit untuk investasi pendaftaran pendidikan. Kemudian, kandidat baru diperbolehkan mengikuti seleksi untuk menjadi konsultan. Meski demikian, jika kandidat tidak lolos seleksi, mereka akan memperoleh uang depositnya kembali secara utuh.

Sementara itu, bagi kandidat yang berhasil lolos seleksi harus membayar penuh investasi pendidikan selama di Monsoon eAcademy dan menjalani pendidikan selama periode tertentu.

"Pada umumnya, memakan waktu empat bulan hingga lulus sertifikasi. Kandidat harus melalui tes sertifikasi SAP yang dilaksanakan oleh PT SAP Indonesia dengan investasi tambahan US$700 (Rp6,25 juta) per tes," papar Abdy. "Berbekal sertifikasi SAP tersebut, kandidat dapat langsung bekerja di mitra SAP tanpa harus melalui seleksi kembali." (art)

Justin Hubner Dapat Izin ke Indonesia U-23 dari Gamba Osaka
Pohon tumbang di Jalan Margonda, Depok

Pohon Tumbang Sempat Tutup Jalan Margonda Akibat Hujan Deras

Hujan deras disertai angin kencang dan petir melanda Depok pada Rabu sore, 17 April 2024. Akibatnya, banjir terjadi di sejumlah titik antara lain Jalan Margonda dan Perum

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024