Presenter Cantik Asal Spanyol Ini Bukan Manusia

Alba Renai.
Sumber :
  • istimewa

VIVA Tekno – Heboh di media sosial sebuah video viral yang menampilkan wujud presenter cantik asal Spanyol. Alih-alih sosok manusia sungguhan, rupanya pembawa acara satu ini hanyalah sosok buatan manusia.

Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri

Pasti diantara kalian semua akan dibuat tak menyangka dengan sosok karakter buatan AI satu ini. Bagaimana tidak, sosok presenter cantik asal Spanyol ini sekilas tak ada bedanya dengan wujud manusia sungguhan. 

Presenter sekaligus pembawa acara TV ini diberinama Alba Renai. Kehadiran sosok Alba Renai rupanya menuai banyak decak kagum sekaligus kontroversial bagi banyak orang. Tak dipungkiri, secara tampilan sosok karakter buatan AI ini memang mirip dengan manusia sungguhan layaknya seorang model ataupun influencer di dunia jagat maya. 

Rowoon Ungkap Alasan Keluar dari SF9 dan Fokus di Akting Sebagai Aktor

Mengutip laman The Sun pada Kamis, 18 April 2024 diketahui Alba sengaja diciptakan Be a Lion yang merupakan anak perusahaan Mediaset asal Spanyol menjelang akhir tahun lalu. Meskipun bukan manusia, sosok karakter Al ini cepat meraih popularitas hingga dikenal banyak orang di media sosial layaknya seorang selebgram baru.

Terbukti, pada akun Instagramnya saat ini yang sudah mengantongi lebih dari 10ribu pengikut. Alba Renai melalui unggahan media sosial pribadinya, mengabarkan bahwa dirinya akan segera tampil di TV Spanyol untuk segmen khusus yang bertajuk 'Super Secretos con Alba Renai'.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Sontak saja unggahan video miliknya tersebut membuat nama karakternya menjadi viral hingga menuai beragam reaksi warganet. Tak sedikit yang mengaku takut, bahwa kehadiran seorang avatar digital cantik semacam ini bisa merampas pekerjaan manusia kedepannya. Namun, Be a Lion menegaskan bahwa Alba tidak bertujuan untuk menggantikan pekerjaan siapapun.

Terkait hal ini Luis Movilla, Direktur Konten Bermerek dan Pengalaman di Be a Lion, mengatakan pada El Pais, "Bakat manusia tidak tergantikan, dan kami tidak bermaksud untuk melakukannya. Ia datang bukan untuk mengambil pekerjaan siapa pun." 

Lebih lanjut, ia justru menyatakan bahwa hadirnya presenter cantik buatan AI tidak bisa menggantikan jurnalis atau komunikator manusia. 

"Jurnalis atau komunikator memiliki nilai, serta hubungan kemanusiaan yang tidak akan pernah tercapai, setidaknya di zaman kita sekarang, dengan proyek seperti ini," tandasnya lebih lanjut.

Reaksi Warganet

Sontak saja adanya penampakan presenter yang berwujud bak manusia sungguhan ini pun sukses menyita perhatian warganet di media sosial.

"Anjirr lama lama manusia tersisihkan," tulis warganet.

"Ngeri," tulis lainnya.

"Lama2 manusia ga berguna," tandas lainnya.

“Waduh perampas pekerjaan manusia,” tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya