Internet Kian Terjangkau

Forum Ramai Dikunjungi

Salah satu manfaat internet adalah sebagai sumber informasi bagi penggunanya. Untuk mendapatkan informasi atau mempelajari sesuatu lewat internet, caranya adalah dengan bertukar pikiran dengan pengguna internet lainnya. 

Kalau awalnya metode terpopuler untuk bertukar pikiran adalah melalui jalur mailing-list (milis), setelah koneksi internet makin mudah, makin murah, dan makin cepat dibanding sebelumnya alternatif metode diskusi lain muncul. Salah satunya adalah melalui forum diskusi online. Tidak seperti lewat milis, di forum, pertanyaan yang sudah pernah diajukan member lainnya bisa ditelusuri dengan mudah jawabannya sampai tuntas.

Pergeseran tren pengguna internet diakui oleh Suryo Prasetyo, moderator forum GameXeon, forum khusus pecinta game di Indonesia. Menurut pengguna yang akrab dikenal dengan nick Becco ini jumlah member forumnya semakin banyak. Terutama visitor. Meski demikian, pengguna forum yang aktif memang umumnya tidak terlalu pesat perkembangannya. 

“Di GameXeon, pengunjung lebih cenderung mengakses News. Sementara ini member lawas yang masih dominan. Member baru, meskipun terus bertambah, tetapi belum banyak bertanya atau aktif posting di forum,” kata Suryo. “Tetapi ini normal, lama kelamaan mereka akan berkembang,” kata Suryo yang menyebutkan bahwa mayoritas member forumnya adalah gamer PC dan pecinta konsol game seperti Microsoft Xbox 360.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng

Perkembangan forum yang kian pesat juga dirasakan oleh Andrew Darwis, admin forum Kaskus. “Sekarang ini, rata-rata setiap hari Kaskus bertambah sekitar 1000 member baru,” katanya. “Tetapi pertumbuhan drastis ini lebih dipicu oleh karena sorotan media massa, sejak Kaskus melakukan soft launch resmi, 17 Agustus 2008,” ucap Andrew.

Menurut Andrew, pengaruh koneksi internet terjangkau saat ini terhadap Kaskus yang mencakup berbagai topik diskusi lebih ke waktu yang dihabiskan member berkunjung di forum. Dibandingkan sebelumnya, kini rata-rata per user menghabiskan waktu 23 menit menjelajahi setiap sub-sub forum. Selain itu, jumlah user yang online dalam satu waktu juga terlihat bertambah. Kin mencapai 17 sampai 20 ribu user dalam satu waktu. “Peningkatan signifikan ini mungkin tidak lepas dari faktor internet murah dan sorotan terhadap Kaskus di sejumlah media massa,” kata Andrew.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

“Milis itu valid saat koneksi internet masih mahal,” kata Iman Teguh Pribadi, moderator sekaligus admin forum OprekPC. “Ke depannya, orang yang mencari solusi atas masalah akan mencarinya di forum,” kata moderator yang menggunakan nickname MAS. “Sebagai contoh, jika ada seseorang yang tertarik dengan hal tertentu, ia akan menjelajah di berbagai forum untuk mencari tahu hal yang ingin ia ketahui itu.”

Forum OprekPC yang membicarakan permasalahan seputar komputer dan teknologi pendukung lainnya yang berhubungan, saat ini banyak member baru yang berpartisipasi. “Biasanya, setiap ada hardware baru atau isu baru tentang sebuah teknologi, maka orang-orang baru akan muncul.” Iman juga mengakui bahwa sebagian member lawas yang sudah merasa “jenuh” atau merasa lebih bisa mengekspresikan diri sesuka hatinya tanpa tergantung hal-hal lain, umumnya akan membuat situs atau blog sendiri.

(Tengah) Anggota Komisi C DPRD DKI, Esti Arimi Putri

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta, Esti Arimi Putri menilai pentingnya upaya pemberdayaan daya beli terhadap semua golongan demi mengendalikan inflasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024