Tips Aman dari Penipuan Bermodus Euro 2024

Ilustrasi Euro 2024.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Tekno – Saat Kejuaraan Sepak Bola Eropa atau Euro 2024 dimulai maka ada jutaan orang akan terpaku pada layar dan berbondong-bondong ke stadion untuk menyaksikan pertandingan.

Toni Kroos Minta Pemain Muda Contoh Cristiano Ronaldo: Dia Punya Banyak Gol dan Mobil Mewah

Namun, di balik kemeriahan ini para penjahat dunia maya melihat peluang untuk melancarkan aksi mereka. 

Para ahli keamanan dari Kaspersky telah menemukan berbagai skema penipuan yang menggunakan nama Euro 2024 sebagai umpan untuk mencuri data dan uang pengguna.

Arsenal Siap Tukar Pemain Demi Bek Timnas Inggris di EURO 2024

Tiket Palsu

Ngerinya Teknologi Deepfake

Ilustrasi penipuan di online

Photo :
  • Shopee

Salah satu ancaman umum menjelang acara besar seperti ini adalah penipuan tiket. Kaspersky menemukan halaman penipuan yang menyamar sebagai perusahaan energi terkenal di Jerman, menawarkan tiket gratis ke Euro 2024.

Pengguna yang terjebak akan diminta mengisi formulir dengan nama, nomor telepon, dan alamat mereka. Penipuan ini sangat terarah, menyasar karyawan dan mitra perusahaan korban untuk menyusup ke infrastruktur mereka.

Penipuan Kripto

Ilustrasi aset kripto atau cryptocurrency assets.

Photo :
  • Pixabay

Penjahat siber juga memanfaatkan popularitas Euro 2024 dengan menjual koin kripto khusus yang menampilkan pemain sepak bola terkenal.

Contohnya, Kaspersky menemukan skema yang melibatkan koin bertema Harry Kane. Koin ini dipromosikan secara agresif melalui email dan media sosial seperti x (Twitter), Facebook, dan Telegram.

Para investor yang tergiur akan membeli koin tersebut, menaikkan harganya. Ketika harga sudah tinggi, penipu akan menjual koin mereka, menyebabkan nilainya jatuh drastis.

Streaming Palsu

Ilustrasi streaming ilegal

Photo :
  • Istimewa

Selain itu, ada juga skema penipuan yang menawarkan layanan streaming palsu untuk menonton pertandingan dengan harga murah. Situs-situs ini tidak hanya mencuri data pembayaran dan informasi pribadi, tetapi juga dapat mengandung kerentanan yang memungkinkan penyerang mengontrol browser pengguna.

Toko Merchandise Palsu

Penipu juga mendirikan toko online palsu yang menjual berbagai merchandise Euro 2024 seperti seragam, syal, dan topi dengan diskon besar. Sayangnya, pembeli tidak pernah menerima barang yang mereka beli.

Tips Aman dari Penipuan

Ilustrasi penipuan.

Photo :
  • Pixabay

Untuk melindungi diri dari penipuan, para ahli Kaspersky memberikan beberapa tips:

  • Verifikasi Keaslian: Beli tiket, merchandise, atau layanan hanya dari sumber resmi dan terpercaya. Periksa situs web resmi acara untuk penjual resmi.
  • Bersikap Skeptis terhadap Penawaran: Jika penawaran tampak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin itu memang penipuan. Waspadai diskon besar dan penawaran eksklusif dari sumber yang tidak dikenal.
  • Amankan Data: Hindari membagikan informasi pribadi dan keuangan di situs web yang tidak dikenal. Pastikan situs web aman dengan melihat "https" di URL dan simbol gembok di bilah browser.
  • Mengedukasi Diri Sendiri: Tetap terinformasi tentang taktik penipuan yang umum dan cara mengenalinya. Ikuti pembaruan dari pakar keamanan siber dan sumber resmi.

Euro 2024 adalah momen yang dinantikan oleh banyak orang, namun penting untuk selalu waspada terhadap potensi penipuan yang menyertainya. Dengan langkah-langkah pencegahan yang tepat, Anda dapat menikmati acara ini dengan aman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya