47% Penipuan Berkedok Facebook Berhasil

Sumber :
  • seobook.com

VIVAnews - Rata-rata keberhasilan kampanye spam berkedok Facebook mencapai 47 persen. Artinya, nyaris separuh pengguna yang melihat spam bertajuk Facebook mengklik pada link yang ada untuk mengetahui lebih lanjut.

Penemuan tersebut diungkapkan oleh Sean Sullivan, seorang penasehat keamanan dari perusahaan antivirus F-Secure. Beberapa waktu belakangan ia telah meneliti seputar spam terkait jejaring sosial.

Seperti dikutip dari InformationWeek, 25 Agustus 2010, dua kampanye spam terakhir di Facebook, keduanya melibatkan ‘McDonald’ memanfaatkan link bit.ly untuk penyebarannya.

Dari statistik yang dikumpulkan Sullivan, tercatat bahwa kampanye spam tersebut secara total meraih 32 ribu klik dan sukses mendapatkan 15 ribu total ‘likes’ di situs jejaring sosial tersebut. “Dari sisi tingkat konversi klik menjadi like, salah satu link memiliki rata-rata 40 persen, dan link lainnya memiliki sekitar 48 persen,” kata Sullivan.

Untuk ukuran spam, Sullivan menyebutkan, angka 40 persen merupakan angka keberhasilan yang sangat bagus. “Jauh lebih bagus dibandingkan dengan persentase keberhasilan spam email biasa,” ucapnya.

“Kabar baiknya, meski spam tersebut masih beredar di Facebook, kini semakin sedikit pengguna yang tertipu,” sebut Sullivan. “Setelah banyak  yang tertipu, pengguna mulai menyadari bahwa link pada Facebook tersebut merupakan spam,” sebutnya. (hs)

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang
Direktur Retail Funding & Distribution PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, Andrijanto, dalam telekonferensi di acara Paparan Kinerja Keuangan BRI Kuartal I-2024, Kamis, 25 April 2024

BRI Targetkan Pengguna BRImo Tembus 36 Juta di Akhir 2024

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menargetkan jumlah pengguna super apps BRImo bisa mencapai hingga 36 juta user hingga akhir tahun 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024