BlackBerry

Sumber :
  • slashphone.com

VIVAnews - Berdasarkan pengamatan PT XL Axiata Tbk (XL) pada lalu-lintas data (Internet) di jaringan BlackBerry-nya, seorang pengguna BlackBerry rata-rata memakai sekitar 137-138MB data per bulan.

"Jika disederhanakan BlackBerry usage seseorang kurang lebih 4-5MB setiap harinya," ujar Oni P Marbun, Senior Manager Mobile Data Service Product Marketing XL, di sela Peluncuran XL BlackBerry Pearl 3G tadi malam di Jakarta, Rabu 1 September 2010.

Angka ini, diakui Oni, meningkat pesat jika dibandingkan setahun sebelumnya, yakni nyaris 100 persen. "Di tahun 2009, seseorang hanya memakan 77MB per bulan. Pertumbuhannya nyaris dua kali lipat," tutur dia.

Mengapa? Menurut Dolly Surya, Manager Service Quality Mobile Data Services XL, hal itu didorong oleh aplikasi-aplikasi baru yang langsung atau tidak langsung mengubah pola pemakaian pengguna BlackBerry.

"Misalnya, beberapa aplikasi sudah bisa sharing gambar, foto, hingga video. Itu membuat usage di jaringan kami meningkat pesat," jelasnya. "Ditambah lagi munculnya beragam aplikasi-aplikasi lokal yang membuat para pengguna memakai BlackBerry secara lebih optimal."

Menurut perkiraan Dolly, BlackBerry Messenger (BBM) adalah aplikasi yang memakan data terbesar sejauh ini. "Kami tidak memegang datanya. RIM (Research In Motion, penyedia layanan BlackBerry) lebih tahu. Tapi, berdasarkan user behavior, BBM adalah porsi terbesar untuk urusan BlackBerry usage," katanya.

Pasalnya, BBM tak hanya dijadikan wadah untuk berkumpul dan saling bertukar pesan teks, tetapi juga bertukar gambar, berbagi berita, berbagi link unduh, sampai menyebar undangan. "Semua hal yang biasanya terjadi di instant messaging (IM) berpindah ke BlackBerry Messenger," cetusnya.

Dibandingkan pemakaian data rata-rata pengguna Apple iPhone atau iPad, pemakaian BlackBerry belum ada apa-apanya. Meski tak bekerja sama dengan Apple untuk penyediaan handset atau perangkat iPhone maupun iPad di Indonesia, XL mengidentifikasi ada sekitar 22 ribu pengguna iPhone dan 1.200 pengguna iPad di jaringannya.

"Seorang pengguna iPhone rata-rata memakan 300MB sebulan atau 10MB per harinya. Sementara iPad 1-1,5GB per bulan, sekitar 40-50MB per hari," pungkas Dolly.

Sekadar diketahui, sebelumnya, XL juga mengumumkan penambahan kapasitas bandwidth BIS-nya ke RIM di Kanada hingga dua kali lipat, dari 400Mbps menjadi 800Mbps.

Hingga saat ini, jumlah BTS (base transceiver station) XL mencapai lebih dari 20.837 (2G/3G) dengan jumlah pelanggan BlackBerry sekitar 30 persen dari total pelanggan BlackBerry di Tanah Air, atau setara 500.000 pelanggan aktif. (sj)

Unik Banget, Istri Denny Sumargo Ngidam Strawberry Rp100 Ribu hingga Berlian
Riccie Nick

Viral Sosok Riccie Playboy, Pria Asal Medan yang Gemar Bagi-bagi Iphone

Sebelum menjadi viral seperti sekarang, Riccie adalah seorang pemuda biasa yang juga merasakan hidup sulit. Ia pernah bekerja sebagai cleaning service.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2024