Kini, Bisa Kirim Video Lewat Twitter

Ilustrasi penggunaan Twitter
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Twitter semakin populer. Sebagian besar penggunanya kini sudah mahir dan menguasai layanan Twitter. Mulai dari tweet, retweet, melampirkan foto, sampai membuat hashtag (#).

Jika Anda pengguna aktif Twitter, ada kabar baik. Kini, situs mikroblog itu tidak sekadar melayani pengiriman foto, tetapi juga video. Twitpic baru saja meluncurkannya kemarin. Layanan itu memungkinkan pengguna Twitter untuk berbagi klip melalui tweet-nya. Durasi video yang diunggah dibatasi sampai 1,5 menit.

Kehadiran layanan video di ranah jejaring sosial begitu penting. Seperti diketahui, keberadaan Twitter saat ini dinilai sangat penting sebagai alat jurnalisme warga. Fitur untuk mengunggah dan membagi file-file multimedia di dalam Twitter terasa perlu.

Layanan serupa Twitpic, selain untuk tujuan mendapatkan kesenangan, kehadirannya cukup berjasa ketika menyebarkan berita gambar sebuah peristiwa penting oleh saksi mata. Harus diakui, layanan ini sukses mengubah gaya jurnalisme warga dan dunia.

Sebut saja sejumlah peristiwa seperti evakuasi Times Square, gempa bumi di Haiti, hingga huru-hara di Mesir yang masih terjadi saat ini. Kabarnya, tidak lagi muncul dengan pesan teks biasa, tetapi lengkap dengan gambar dan menyebar dalam waktu singkat melalui Twitpic.

Akhir-akhir ini, pengguna Twitter seringkali melampirkan tautan (link) video YouTube. Untuk itu, pengguna perlu mengunggah video ke YouTube terlebih dulu, baru kemudian memposting tautannya di Twitter. Jika video itu mempunyai nilai penting bagi masyarakat luas dan perlu disebarkan segera, tentu saja merepotkan.

Kebutuhan ini yang lantas menjadi dasar inisiatif Twitpic untuk meluncurkan fitur video-sharing. "Sekarang, pengguna dapat mengunggah video langsung dari situs Twitpic, e-mail, dan lainnya yang mungkin bisa dilakukan di atas platform yang sama," kata Noah Everett, pendiri Twitpic.



"Kami coba untuk menjadi layanan multimedia satu pintu guna membagi berbagai file multimedia di Twitter secara real-time," tuturnya seperti dikutip VIVAnews.com dari Mashable, Rabu 9 Februari 2011.

Twitpic saat ini memiliki 17 juta pengguna dengan 30.000 registrasi baru setiap harinya. (art)

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta
Penyelundupan Pil Koplo di Lapas Yogyakarta (dok istimewa)

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta menggagalkan dua kali penyelundupan pil koplo dari pengunjung kepada warga binaan, salah satunya bermodus menyembunyikan pil di betis.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024