Ledakan di Pabrik iPad Tewaskan 3 Orang

Salah satu pabrik Dell di Eropa dijual ke Foxconn
Sumber :
  • dell.com

VIVAnews - Ledakan terjadi di salah satu pabrik milik Foxconn Technology, perusahaan asal Taiwan yang memproduksi berbagai piranti elektronik untuk Apple, sehingga menewaskan tiga orang dan 15 luka-luka.

Bakal Stop Beroperasi di Medan, SPBU Shell: Terima Kasih Buat Semua Pelanggan Setia Kami

Ledakan terjadi di pabrik mereka yang terletak di Chengdu, ibukota provinsi Sichuan, yang terletak di sebelah barat daya China, Jumat 20 Mei 2011, pukul 7 malam, waktu setempat.

Pada laporan perkiraan awal mereka, polisi lokal memperkirakan kecelakaan yang timbul diawali oleh ledakan material debu yang mudah terbakar, di dalam sebuah pipa.

Jokowi Tugasi Luhut Muluskan Rencana Investasi Apple di Indonesia

Seperti dikutip dari situs PCWorld, sebelumnya, kelompok The Students and Scholars Against Corporate Misbehaviour (SACOM) telah mengeluarkan laporan tentang adanya pekerja-pekerja di pabrik Foxconn Chengdu yang dipaksa bekerja melebihi jam kerja yang ditentukan, sehingga mengalami masalah kesehatan.

Mereka, antara lain harus rela bekerja di wilayah yang dipenuhi oleh material debu yang sangat banyak. Para pekerja di departemen pemolesan melaporkan bahwa departemen mereka dipenuhi oleh debu aluminium.

Jokowi Ingin Apple Buka Pabrik di Indoneisa, Tim Cook: Kami Pertimbangkan

Walaupun menggunakan kaus tangan, namun debu tetap tembus dan menyelubungi tangan, wajah, dan baju mereka, kata laporan SACOM. 

"Saya bernafas di debu pabrik Foxcon seperti sebuah vacuum cleaner. Lubang  hidungku sangat hitam setiap hari," ujar salah seorang karyawan

Foxconn adalah salah satu OEM (original electronic manufacturer) terbesar di dunia. Tak cuma memproduksi iPod, iPhone, dan iPad untuk Apple, Foxconn juga membuatkan komputer bagi Dell.

Sebelum ini, Foxconn juga sempat beberapa kali menjadi sorotan publik karena penanganan mereka yang keras terhadap para pekerja, sehingga antara lain berujung pada kasus bunuh diri karyawan. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya