UPH Aplikasikan Mobile Campus

Pegang BlackBerry
Sumber :
  • VIVAnews

VIVAnews - Penggunaan layanan data, baik lewat perangkat komputer mobile ataupun smartphone kini sudah meluas. Khusus untuk smartphone, menurut data survey terakhir, pengguna terbanyak adalah dari kalangan usia 18 sampai 24 tahun, atau pelajar sekolah menengah atas sampai mahasiswa.

Melihat fakta tersebut, Telkomsel dan Research In Motion, produsen perangkat BlackBerry, coba menggali potensi yang ada. Salah satunya adalah, dengan menggandeng Universitas Pelita Harapan (UPH), mereka menyediakan aplikasi Mobile Campus, yang bisa diakses lewat BlackBerry.

“Aplikasi ini merupakan aplikasi khusus pertama pada platform BlackBerry yang didesain bagi komunitas kampus di Indonesia,” kata Gideon Edie Purnomo, Vice President Channel Management Telkomsel di Karawaci, 5 Agustus 2011.

Layanan aplikasi mobile campus ini, kata Gideon, memudahkan seluruh yang terlibat, terutama mahasiswa, tenaga pengajar, staf, dan orang tua untuk mengikuti perkembangan yang ada di kampus UPH. Termasuk proses belajar mengajar.

“Pada aplikasi itu saat ini sudah ada berbagai macam informasi terkait UPH, mulai dari fasilitas, jadwal kuliah, sampai beberapa materi kuliah tertentu,” kata Reynier Wayong, Direktur Senior IT UPH. “Nantinya, diharapkan aplikasi ini bisa diperluas misalnya untuk mengetahui nilai akademik, hasil ujian siswa, atau melakukan pembayaran kuliah,” ucapnya.

Layanan yang ditawarkan oleh Telkomsel dan Research In Motion ini, kata Reynier, sangat bermanfaat untuk melengkapi fasilitas infrastruktur IT di kampus di mana mahasiswa dapat mengakses lewat komputer atau notebook, lewat ATM (Academic Teller Machine), dan kini lewat BlackBerry.

Apalagi, kata Reynier, dari survey yang dilakukan, dari sekitar 10 ribu mahasiswa UPH saat ini, 90 persen di antaranya merupakan pengguna layanan BlackBerry.   

Saat ini aplikasi Mobile Campus yang dikembangkan oleh Better-B, salah satu pengembang aplikasi lokal yang merupakan Telkomsel tersebut sudah dapat diunduh dan digunakan secara cuma-cuma lewat handset BlackBerry.

Megawati Kirim Surat Amicus Curiae kepada MK, Ganjar Sebut Terilhami Sosok Kartini
CEO X Elon Musk.

Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X

CEO X Elon Musk pada Senin, 15 April 2024 mengusulkan sedikit biaya bagi pengguna baru untuk menulis, membalas, atau menyukai postingan.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024