Dominasi Internet Explorer Rontok

Ilustrasi Internet Explorer
Sumber :
  • VIVAnews

VIVAnews - Microsoft IE (Internet Explorer) akan kehilangan tempatnya sebagai peramban (browser) yang menguasai mayoritas pasar pada musim panas mendatang. Prediksi ini dilansir Infoworld.com berdasarkan statistik yang diterbitkan oleh perusahaan metrik-web Net Applications.

Jika laju penurunan IE selama 12 bulan ini berlanjut terus, maka pangsa IE akan merosot di bawah 50 persen di bulan Juni 2012. Di bulan Agustus kemarin saja, IE kehilangan pangsa pasar sekitar 7/10 dari 1 persen poin, membuatnya merosot menjadi 55,3 persen. Ini rekor terendah baru bagi browser yang dulu sangat dominan ini. Tahun lalu, IE drop 6,9 poin. 

Microsoft terus menekankan kesuksesan IE9, yang dirilis Maret lalu, khususnya pada Windows 7. Pada sistem operasi yang lebih baru itu, IE9 menempati 20,4 persen dari total pangsa penggunaan browser secara global, dan 27,7 persen pada Windows 7 di AS.

Sudah Video Call, Penyerang Label Eropa Bakal Perkuat Timnas Indonesia?

"Itulah cara kami mengukur kesuksesan bisnis IE," kata Direktur Pemasaran IE, Roger Capriotti.

IE9 hanya dapat dioperasikan pada Windows 7 dan Vista, tapi tidak bekerja pada Windows XP, sistem operasi tua yang masih menguasai lebih banyak PC di dunia ketimbang OS lain

Capriotti menolak berbicara tentang dampak menyeluruh dari kemerosotan IE ini; yang bisa berarti pangsa pasar Microsoft juga akan terjatuh di bawah 50 persen. "Saya tidak akan menyebut bahwa hal ini peristiwa penting tapi saya juga tidak akan menyebutnya hal yang tidak relevan," katanya.

Menurut Net Applications, Mozilla Firefox dan IE sama-sama mengalami penurunan, walaupun penurunan Firefox tidak separah IE. Banyak pengguna kini beralih menggunakan browser Google Chrome. Dalam 12 bulan terakhir, Chrome mengalami peningkatan dari 7,8 persen menjadi 15,5 persen. Pada bulan Agustus saja, Chrome mengalami peningkatan sebanyak 1,2 persen.

Firefox turun dua persepuluh dari 1 persen poin di akhir Agustus, membuat ia menguasai pangsa sebesar 22,6 persen. Penurunan tersebut merupakan rekor terendah dibandingkan pada bulan April 2010 sebesar 25,1 persen.

Net Application memperkirakan jika laju penurunan Firefox dan Chrome berlangsung terus, secara otomatis Chrome akan menyalip Firefox, dan pada waktu yang sama IE akan drop di bawah 50 persen pada bulan Juni 2012. Selain itu, mereka memperkirakan pertumbuhan Apple Safari tetap datar dengan penguasaan pangsa browser sebanyak 4,6 persen. Demikian pula halnya dengan Opera Software yang menguasai pangsa pasar sebesar 1,7 persen per bulan lalu. (kd)

Athletic Bilbao rayakan gelar Copa del Rey dengan perahu

Agak Laen! Athletic Bilbao Rayakan Juara Copa del Rey dengan Naik Perahu

 Cara agak laen dilakukan Athletic Bilbao dalam merayakan gelar Copa del Rey 2023/24 bersama fans. Mereka justru merayakan juara dengan menggunakan perahu.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024