Sisa-sisa Tragedi 9/11 Kini di Planet Mars

Spirit, robot penjelajah Mars milik NASA
Spirit, robot penjelajah Mars milik NASA
Sumber :
  • engadget.com

 

VIVAnews - Hari ini adalah peringatan satu dekade peristiwa serangan teroris atas menara kembar WTC di New York, yang dikenal sebagai Tragedi 9/11. Tapi tak banyak yang tahu bahwa kenangan para korban WTC, kini justru berada nun jauh di sekitar 289,5 juta km dari bumi.

Pada September 2001, menurut laman resmi NASA, para pekerja perusahaan Honeybee Robotics membangun sepasang alat yang bisa menggerinda bebatuan planet Mars, agar instrumen saintifik pada wahana eksplorasi robotik Spirit dan Opportunity di Mars, bisa meneliti bagian dalam batuan planet itu.

Pada saat itulah terjadi serangan terhadap menara kembar gedung World Trade Center, yang terletak tak lebih dari satu mil. Pengerjaan alat ini memiliki jadwal yang sangat ketat dan singkat karena sangat tergantung dengan kondisi perputaran planet Mars sendiri. 

Peneliti-peneliti yang membangun alat ini, saat itu tak punya waktu banyak untuk menolong para korban. Tapi mereka kemudian justru menemukan cara khusus untuk memberikan penghormatan pada ribuan korban Tragedi 9/11.

Sebuah onderdil aluminium yang berfungsi melindung kabel di masing-masing penggerus batu itu dibuat dari puing-puing aluminium yang ditemukan di reruntuhan menara 1 dan menara 2 gedung World Trade Center. Nah sekarang aluminium itu sudah berada jauh di planet Mars dan menjadi bagian yang ditempeli gambar bendera AS. 

The piece of metal with the American flag on it in this image of a NASA rover on Mars.