PC Tetap Disukai, Mac Lebih Dicintai

Apple iMac
Sumber :
  • cheapest-ipod.com

VIVAnews - Sistem operasi Windows 8 yang baru diluncurkan beberapa waktu lalu dianggap akan menyelamatkan Personal Computer (PC) atau komputer desktop dari kepunahan. Munculnya Windows 8 diharap bisa membantah pernyataan salah satu pendiri Apple, Steve Jobs, yang mengatakan era PC telah berakhir dan era post-PC pun dimulai.

Data statistik menunjukkan, masyarakat Amerika sebagian besar memang masih merasa puas dengan PC yang mereka gunakan. Ironisnya, tingkat kepuasan mereka menggunakan PC dengan produk Apple, Mac, lebih tinggi ketimbang PC yang menggunakan sistem operasi Windows.

Seperti dikutip dari laman CNNMoney, sebuah survei yang dilakukan American Customer Satisfaction Index memperlihatkan nilai 78 (dengan ukuran nilai tertinggi 100) untuk kepuasan menggunakan PC. Nilai ini sama seperti yang diperoleh tahun lalu.

Apple masih memimpin kategori PC dengan nilai 87, naik dari nilai 86 yang diperoleh tahun lalu. Apple memimpin kategori PC selama 8 tahun terakhir.

Ironisnya, nilai tinggi yang diperoleh PC dengan sistem operasi Windows malah diperoleh Hewleett-Packard (HP). HP memperoleh nilai 78, naik dari nilai 77 yang diperoleh tahun lalu.

Ini merupakan sebuah ironi, karena HP telah mengumumkan keluar dari bisnis PC. CEO HP, Leo Apotheker, saat itu menyebut alasan: "dampak tablet begitu nyata". Ucapan itu seakan mendukung pernyataan Steve Jobs tentang berakhirnya era-PC dan dimulainya era post-PC.

Sedangkan, produsen PC lain yang menggunakan Windows, yaitu Dell, Acer, Toshiba, Lenovo, dan Sony, mendapatkan nilai yang sama, yaitu nilai 77.

Peneliti dari ACSI, Claes Fornell kemudian menyebut alasan dominasi Apple selama 8 tahun terakhir. "Keunggulan Apple dalam mengkombinasikan inovasi dan diversifikasi produk membuat mereka mempertahankan itu," ujar Fornell.

ACSI kemudian menilai dominasi tingkat kepuasan terhadap Apple ini juga akan stabil dengan produk Apple lain yang populer di tiap kategori. Misalnya iPod yang populer sebagai pemutar musik, iPhone yang menguasai pasar smartphone, dan iPad yang merajai pasar tablet.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Walau PC masih disukai, tablet masih diperkirakan sebagai masa depan berkomputer. Prediksi ini bukan hanya karena semakin populernya iPad atau tablet produk lain yang menggunakan sistem operasi Android. Bahkan, saat Windows 8 diuji coba di hadapan publik beberapa waktu lalu, terdapat sinyal Windows pun mempersiapkan sistem operasi terbarunya itu untuk tablet.

Tapi, PC diperkirkan tidak akan punah, karena pengguna komputer dinilai masih membutuhkan penyimpanan (storage) yang besar, dengan kekuatan proses, dan berbagai perangkat lain (software yang 'makan-tempat' di penyimpanan). Ini merupakan kebutuhan pengguna PC di rumah, dan tidak hanya di kantor. (adi)

Hasil Pertandingan Persik Kediri Vs PSS Sleman, 8 Gol dan 1 Kartu Merah
Nurul Ghufron diperiksa Dewas KPK

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Laporkan Albertina Ho ke Dewas, Ada Apa?

Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron melaporkan salah satu Anggota Dewas KPK, Albertina Ho ke Dewan Pengawas KPK. Ghufron melaporkan anggota Dewas KPK terkait dugaan penyalahgu

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024