Caplok Napster, Rhapsody Incar Kuasai Pasar

Ilustrasi belanja keperluan rumah tangga.
Sumber :
  • getentrepreneurial.com

VIVAnews - Dua nama besar di industri musik digital yakni Rhapsody dan Napster tengah berupaya untuk meraih pangsa pasar lebih besar dan meninggalkan jauh pesaingnya seperti Spotify, Rdio dan MOG.

Rhapsody yang merupakan penyedia layanan musik digital terbesar di Amerika Serikat dengan 800 ribu pelanggan menyebutkan bahwa mereka akan mengambil alih Napster, yang saat ini dimiliki oleh peritel terkemuka, Best Buy.

Jika terlaksana, Dikutip dari Reuters, 4 Oktober 2011, Best Buy nantinya akan memiliki sebagian kecil saham di Rhapsody. Rencananya, proses akuisisi saham ini akan tuntas pada 30 November mendatang.

Seperti diketahui, penjualan musik telah anjlok signifikan selama dekade terakhir, semakin banyak penggemar yang tak lagi membeli CD dan melakukan pembajakan. Meski demikian, banyak start up dan investor telah masuk ke bisnis retail ataupun distribusi musik yang kini pasarnya dikuasai iTunes Music Store milik Apple.
 
Rhapsody, yang saat ini masih menguasai bisnsi layanan musik digital, posisinya sendiri terancam oleh Spotify, perusahaan asal Inggris yang mulai melebarkan sayapnya ke Amerika Serikat pada Juli lalu.

Layanan Spotify sendiri sudah digunakan oleh sekitar 2 juta pelanggan berbayar, khususnya di Eropa. Menurut sejumlah kalangan, di Amerika Serikat sendiri, Spotify terus mendapatkan ribuan pelanggan baru per pekan. (eh)

Tuntutan Gaji Ivan Toney Bikin Kapten Bruno Fernandes Kesal
Detik-detik Uskup di Gereja Sydney Ditikam Pelaku (Doc: X)

Uskup Sydney yang Ditikam Maafkan Penyerangnya: Saya Selalu Mendoakanmu

Pemimpin Gereja di Sydney Uskup Mar Mari Emmanuel menjelaskan bahwa dirinya mengalami pemulihan yang cepat, dan juga memaafkan tersangka penyerangnya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024