Tifatul: Musisi Salah Paham, RBT Tak Ditutup

Tifatul Sembiring
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring menegaskan bahwa proses unreg massal yang dilakukan 18 Oktober 2011 pukul 00.00 tidak termasuk layanan nada dering atau ring back tone (RBT.

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

"Tolong jangan disalahtafsirkan, yang kita saring adalah sedot pulsa ilegal," kata Tifatul dalam siaran pers yang diterima VIVAnews, Selasa 18 Oktober 2011. "Yang legal silakan lanjut. Begitu unreg, RBT dapat ditawarkan kembali. Bagi yang mau bisa langsung daftar, jadi kan pengguna sadar dan tahu apa risikonya."

Tifatul menjelaskan, kebijakan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia ini diambil bersama Kementerian Komunikasi dan Informasi setelah marak pencurian/ pemotongan pulsa pengguna seluler secara ilegal oleh content provider nakal.

"Jadi tidak ada penghapusan RBT, teman-teman musisi jangan salah paham. Proses unreg ini hanya semacam daftar ulang, yang berminat silakan lanjut. Tapi kalau pengguna tidak mau, tidak boleh dipaksa," kata Tifatul.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Kemarin, beberapa musisi seperti Piyu ‘Padi’, Giring ‘Nidji’, dan Pasha ‘Ungu’ menyambangi Gedung DPR. Mereka menyampaikan keberatan atas rencana penghentian layanan RBT per 18 Oktober 2011.

"Jangan bunuh nyamuk dengan meriam," kata Giring di DPR, Senin, 17 Oktober 2011.

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq mengatakan, para artis itu mengeluhkan rencana BRTI menghentikan semua layanan content provider. Para pekerja hiburan itu merasa dirugikan.

Sesuai dengan surat Edaran BRTI Nomor 177/BRTI/IX/2011, 10 operator telekomunikasi yang bergabung dalam Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) sepakat menghentikan layanan SMS premium per 18 Oktober 2011.

Ketua Umum ATSI Sarwoto Atmosutarno menyebutkan, penghentian layanan tersebut  sampai batas waktu yang belum ditentukan. Seluruh layanan konten premium akan distop, termasuk misalnya layanan seperti RBT.  (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya