Foxconn Tukar Buruh Pabrik dengan Robot

Salah satu pabrik Dell di Eropa dijual ke Foxconn
Sumber :
  • dell.com

VIVAnews - Hon Hai, induk usaha Foxconn baru saja menandatangani surat pernyataan yang menyebutkan bahwa mereka bermaksud untuk membangun pusat manufaktur peralatan secara terotomatisasi dan menggunakan robot cerdas di Taiwan.

Beberapa bulan sebelumnya, Foxconn pernah mengungkapkan rencana mereka untuk mengganti sebagian staf dengan satu juga unit robot sebagai upaya untuk memangkas peningkatan upah buruh.

Dikutip dari Xinhua, Selasa 15 November 2011, saat ini produsen bagi perangkat-perangkat tablet serta smartphone populer milik Apple dan lain-lain tersebut sudah memiliki 10 ribu unit robot. Namun, tahun depan, produsen elektronik raksasa itu menargetkan akan memiliki 300 ribu unit robot. Dalam waktu tiga tahun ke depan, jumlahnya akan mencapai 1 juta unit.

Rencana tersebut tampaknya semakin terealisasi. Oktober lalu, Cnet melaporkan bahwa Terry Gou, pendiri dan ketua dewan direksi Hon Hai Precision Industry Co, induk perusahaan Foxconn, telah menandatangani surat perjanjian dengan Jason Hu, walikota Taichung.

Perjanjian tersebut menyatakan bahwa Foxconn akan membangun ‘kerajaan robot’ di Central Taiwan Science Park dalam beberapa tahun ke depan. Cnet menyebutkan, proyek tersebut diperkirakan menghasilkan produksi senilai US$4 miliar atau sekitar Rp35,7 triliun dalam 3-5 tahun ke depan dan membuka 2.000 lapangan kerja.

Saat ini, Foxconn mempekerjakan 900 ribu karyawan di pabrik-pabrik mereka. Nantinya, robot-robot tersebut akan melakukan tugas-tugas seperti penyemprotan, pengelasan, dan perakitan. Saat ini, tugas-tugas tersebut dikerjakan oleh manusia. (art)

Ganjil Genap Tidak Diterapkan bagi Kendaraan ke Merak Saat Mudik, Polri Ganti dengan Sistem Ini
Ketua DPR sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani

Puan Tegas Bilang Pemenang Pileg 2024 yang Berhak Jadi Ketua DPR

Puan Maharani membantah adanya wacana untuk merevisi UU MD karena perubahan komposisi pimpinan terutama Ketua DPR.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024