Aplikasi VoIP Palsu Mulai Bermunculan

ilustrasi cyber crime
Sumber :
  • issa-eg.org

VIVAnews - Awal tahun ini, para spammer telah membuat layanan-layanan penyingkat URL milik mereka sendiri agar mereka bisa lebih mudah saat menyembunyikan situs-situs spam mereka. Langkah ini membuat aplikasi pengamanan sulit mendeteksi dan memblokir situs tersebut.

Analisa sepanjang bulan Oktober lalu mengindikasikan bahwa spammer paling tidak telah memanfaatkan 80 situs penyingkat URL yang semuanya menggunakan  pola penamaan yang sama dan menggunakan domain .info.

Namun, tidak seperti situs-situs penyingkat URL yang terungkap awal tahun ini, situs-situs yang digunakan spammer belakangan ini adalah situs-situs penyingkat URL umum digunakan.

“Untuk memancing, spammer memakai subyek yang menarik perhatian seperti "It's a long time since I saw you last!", "It's a good thing you came” yang membangkitkan rasa ingin tahu pengguna terhadap tautan yang disingkat,” kata Paul Wood, analis Symantec pada keterangannya, 17 November 2011.

Dari sisi tren, spam dan phising masih menggunakan tema dari dunia pendidikan, industri otomotif, kimia, dan farmasi.

Selain menggunakan penyingkat URL, Symantec Intelligence mencatat bahwa telah muncul penipuan menggunakan SMS dialer dengan tarif premium. Penipuan ini khususnya mengincar pengguna di Eropa Timur. “Aplikasi dialer tampil seperti aplikasi resmi meniru aplikasi VoIP biasa,” ucap Wood.

“Dialer SMS premium mulai sering muncul pada lanskap ancaman mobile, terutama di Eropa Timur. Tidak mengejutkan jika pembuat aplikasi memanfaatkan sumber pendapatan yang menguntungkan ini dan terlihat terus meningkatkan taktik mereka serta berpindah-pindah ke platform yang lebih baru,” kata Wood.

Bea Cukai Kalbagsel Musnahkan Barang Kena Cukai Ilegal Senilai 7 Miliar Rupiah
Sopyan Dado

Kenang Sosok Almarhum Sopyan Dado Semasa Hidup, Keluarga Ungkap Hal Ini

Keluarga Kenang Sosok Almarhum Sopyan Dado Semasa Hidup, Ungkap Hal Ini

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024