Bisnis Online Dorong Daya Saing Global UKM

Belanja online
Sumber :
  • steelgateglobal.com

VIVAnews - Menteri Perindustrian, MS Hidayat, berharap dengan adanya program Bisnis Go Online akan mendorong UKM lokal mempunyai daya saing global.

"Dengan ini, penting. UKM jadi bisa berdaya saing secara global," ujar Hidayat dalam Sambutan Peluncuran Program Bisnis Go Online di Jakarta, Rabu, 11 Januari 2011.

Hidayat berharap program go online ini juga mampu menyebarluaskan populasi UKM dapat lebih merata ke seluruh wilayah Indonesia. Sehingga UKM tidak hanya berpusat di satu kawasan saja.

"Sampai saat ini, sebaran UKM masih di Jawa saja. Kami berharap proporsinya nanti 60:40 pada 2014," ucapnya.

Program ini juga diharapkan akan menggenjot UKM lokal agar lebih memaksimalkan potensi online dalam pengembangan bisnisnya. Google sendiri dalam program ini lebih mentargetkan bangunan bisnis online yang kuat sebagai syarat daya saing global.

"Yang penting bagaimana lingkungan UKM sehat, dan ini menjadi modal untuk jangka panjang," ujar Country Marketing Manager Google Indonesia, Krishna Zulkarnain.

Khrisna menambahkan, yang diharapkan dari Google yakni konten bisnis lokal dapat memenuhi pencarian di Google agar produk dapat diketahui masyarakat dunia. "Syaratnya harus go online, nanti bisa populer di mesin pencarian," tambahnya.

Sedangkan Bakrie Connectivity memberikan layanan contact centre kepada pihak yang berminat untuk mengembangkan usaha online.

"Kami senang menjadi operator internet pertama di Indonesia yang ikut mendukung program bisnis go online," ujar President Director Bakrie Connectivity, Erik Meijer.

Pihaknya dalam hal ini berkontribusi dalam menyediakan pusat informasi bisnis online di www.aha.co.id/gibo/email.

"Kami siap memberikan info detail, tutorial serta registrasi program di gibo corner," jelas Eric.

Gibo  Centrer tersedia di gerai Esia di 8 kota yakni Jakarta pada 2 tempat, Bandung, Tasikmalaya, Palembang, Medan, Yogyakarta dan Surabaya. "Jadi harapan kami, untuk bisnis bisa lebih mudah," katanya. (eh)

Sopir Bus yang Ajak Makan 30 Penumpang di Rumah Mertuanya saat Lebaran dapat Rp100 Juta
Ilustrasi/Korban pembunuhan

Ada Luka di Dada hingga Leher pada Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari

Luka di leher waniita tersebut kemungkinan besar lantaran cekikan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024