Intelijen AS Sebut Pengguna iPhone 'Zombie'

Steve Jobs dan iPhone.
Sumber :
  • designbolts.com

VIVAnews - Badan Keamanan Nasional (NSA) AS dilaporkan punya kemampuan memata-matai data pengguna ponsel pintar, mulai dari perangkat Apple, Android maupun BlackBerry. 

Badan intelijen khusus elektronik AS itu berdalih pengawasan dilakukan untuk menekan aksi terorisme.

Namun, ada yang menarik dari dokumen rahasia NSA yang dikuak Der Spiegel.

Dilansir Huffingtonpost, 14 September 2013, NSA menyebutkan pengguna iPhone sebagai Zombie dan pendiri Apple, Steve Jobs sebagai Big Brother.

Dalam dokumen itu, NSA mengatakan Apple dan Steve Jobs mengendalikan dan mengawasi publik. Padahal, sejatinya NSA sendiri yang telah memata-matai data e-mail dan telepon warga AS selama bertahun-tahun.

Dalam laporannya di majalah berita asal Jerman itu, Der Spiegel membongkar borok NSA yang telah mengakses data dari semua jenis ponsel pintar.

Dokumen itu juga menunjukkan slide presentasi internal NSA. Pada slide itu, badan rahasia AS menampilkan gambar iklan komersial Apple tahun 1984. Tentu saja iklan itu sebenarnya menunjukkan bagaimana peran Apple dalam membantu komunikasi masyarakat. Tapi, NSA sengaja membubuhi kata 'zombie' pada iklan tersebut untuk lelucon.

"Who knew in 1984... that this would be big brother... and the zombies would be paying customers?" demikian tulis NASA pada slide itu yang menampilkan gambar Steve Jobs dan penggemar iPhone.

Kabupaten Bekasi Sabet Juara Umum MTQ ke-38 Jabar, Pj Bupati: Kita Juara Lahir dan Batin

Apresiasi kepada Tim Thomas Cup dan Uber Cup Indonesia yang Pantang Menyerah

PLTA PLN Indonesia Power. (foto ilustrasi)

PLN Indonesia Power Sabet Penghargaan dari World Safety Organization

PLN Indonesia Power (PLN IP) melalui Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Semarang berhasil menyabet penghargaan internasional dalam bidang keselamatan.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024