Survei Nielsen Ungkap Ciri Smartphone Favorit Indonesia

pameran computex di taipei
Sumber :
  • REUTERS/Pichi Chuang

VIVAnews – Nielsen merilis hasil survei terbaru mereka mengenai Decoding the Asian Mobile Consumer. Survei ini berisi mengenai laporan tren terbaru dalam kepemilikan, perilaku, dan sikap konsumen smartphone di sembilan negara Asia Pasifik termasuk Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Australia, Hong Kong, China, India, dan Singapura.

Survei ini dilakukan dengan menanyai responden berusia 13 tahun ke atas sejak Maret 2013 hingga Mei 2013. Dari laporan survei ini terlihat penetrasi smartphone di Asia Pasifik tertinggi ada di Hong Kong dan Singapura sebesar 87 persen. Selanjutnya, diikuti oleh Malaysia (80 persen), Australia (75 persen), dan China (71 persen).

Dalam rilis yang diterima VIVAnews, Jumat 20 September 2013, Nielsen memperlihatkan penetrasi smartphone di negara-negara berkembang di Asia Pasifik juga semakin menguat.

Maju Pilkada Kalsel 2024, Pasangan Muhidin-Hasnur Kantongi Restu Haji Isam

Yang terbesar adalah Thailand yang mencapai 49 persen, diikuti oleh Indonesia 23 persen, India sebesar 18  persen, dan Filipina 15 persen. Sementara itu, menurut laporan, di Malaysia hampir setengah dari yang disurvei atau sebesar 47 persen mempunyai lebih dari satu perangkat mobile.

“Selanjutnya diikuti oleh Hong Kong dengan 31 persen, serta Singapura, dan China dengan 29 persen,” kata Direktur Nielsen Telecom dan Technology Practice untuk Asia Tenggara, Asia Utara dan Pasifik, Sagar Phadke.

Selain itu, Sagar mengungkapkan, kepemilikan tablet telah mencatat pertumbuhan yang signifikan di pasar Asia Pasifik selama setahun belakangan. Kepemilikan ini naik terbesar di Singapura 47 persen, Hong Kong 57 persen, dan Malaysia sebesar 47 persen.

“Pertumbuhan dalam kepemilikan perangkat koneksi di Asia Pasifik selama beberapa tahun belakangan ini sungguh mengejutkan,” katanya.

Di seluruh wilayah, dia menjelaskan, merek merupakan salah satu faktor paling umum dalam membeli smartphone dan berada di bagian paling atas survei. Selain itu, keyboard QWERTY mempertahankan relevansinya di Indonesia, India, dan Filipina. Walau demikian, ukuran layar dan fungsi layar sentuh menjadi semakin penting bagi konsumen.

Menurut dia, rekomendasi dari mulut ke mulut dan media sosial turut memainkan peranan penting dalam memengaruhi pilihan konsumen untuk smartphone. Bahkan, di Asia Pasifik, sebagian besar konsumen memasukkan ulasan dari internet dan blog serta rujukan dari teman, rekan, dan keluarga sebagai faktor yang paling umum dalam memengaruhi keputusan mereka dalam membeli.

Dengan menjamurnya penggunaan smartphone ini, menurut Sagar, juga meningkatkan waktu yang dihabiskan oleh orang di depan smartphone milik mereka. Dalam survei ini terlihat pengguna smartphone di Asia Tenggara menghabiskan waktu rata-rata lebih dari tiga jam per hari dengan smartphone mereka pada Juni 2013.

Waktu ini, dia melanjutkan, dihabiskan untuk melakukan kegiatan chatting, jaringan sosial, dan hiburan seperti games serta multimedia yang mendorong banyak sekali interaksi. (art)

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menlu Singapura Vivian Balakrishna

Menko Airlangga Bertemu Menlu Singapura, Optimis Kerja Sama Bilateral Kedua Negara Terjalin Kuat

Kedua Menteri tersebut optimis bahwa hubungan ekonomi Indonesia Singapura terus terjalin kuat melalui berbagai kerja sama bilateral yang potensial.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024