Mau Bisnis Online? Waspadai Hal Ini

Peluncuran Bisnis Transaksi Online IPAYMU
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews -
Kiper Persib Optimistis Hadapi Persita
Bisnis online terus bertumbuh kembang di Indonesia. Kian hari makin muncul situs jualan online yang menawarkan berbagai produk juga layanan.

Terungkap Motif Suami Bunuh Istri Lalu Timbun Jasad Korban Dalam Rumah di Makassar

Namun Ketua Umum Asosiasi E-commerce Indoensia, Daniel Tumiwa, menyarankan agar pelaku bisnis online menghindari penggunaan sistem pembayaran melalui transfer bank.
Wanita Lansia di Jaksel Ngaku Diperkosa Handphone, Diduga Halusinasi


"Itu (sistem transfer bank) adalah pangkal malapetaka di e-commerce. Itu hanya pas untuk model bisnis yang tatap muka. Untuk online, kami
nggak
rekomendasikan itu," kata Daniel di Jakarta, Senin 23 Desember 2013.


Daniel tak memungkiri bila dewasa ini konsumen masih nyaman menggunakan sistem transfer untuk pembayaran. Namun, menurutnya, jika pelaku bisnis online ingin serius, sebaiknya menggunakan sistem pembayaran yang aman. 


"Intinya, kalau bisnisnya sudah naik kelas, ya naik kelas juga dalam sistem pembayaran. Cari yang aman dan convenient untuk pelanggan. Sekarang ini kan sudah makin mudah dengan e-banking, payment provider," jelasnya.


Ada pula beberapa perusahaan yang menawarkan payment gateway lokal, seperti KasPay, iPaymu, Veritrans, dan sebagainya. Dengan begini, transaksi jual beli jauh lebih aman ketimbang sistem transfer.


Menurut Daniel, hal ini perlu diwaspadai sejak dini, pasalnya pertumbuhan bisnis online diramalkan akan terus meroket pada tahun 2014. Ekosistem berjualan online kian menumbuhkan potensi bisnis online.


"Tahun depan, bisnis online bisa tumbuh lebih dari dua kali lipat. Ya, sangat cepat," ungkap Daniel.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya