Begini Gaya Mobil Google Melaju Tanpa Sopir di Jalan

Mobil Google Maps Street View
Sumber :
  • http://didno76.blogspot.com
VIVAnews - Ambisi Google mewujudkan mobil tanpa pengemudi, Self Driving Car mendekati kenyataan. Mobil itu telah sukses melaju di jalanan Mountain View, California, Amerika Serikat.
Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Self Driving Car itu juga telah mampu menavigasi jalan raya dengan nyaman, bisa mendeteksi halangan jalur sepeda, tempat pemberhentian, maupun jalur untuk penyandang cacat. 
Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Dalam postingan perusahaan kemarin, mengutip Business Insider, Selasa 29 April 2014, Direktur Proyek Self Driving Car, Chris Urmson menegaskan uji coba itu menjadi bukti ide mobil yang melaju tanpa bantuan manusia segera terwujud. 
Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

"Kami makin optimistis bahwa kita sedang menuju tercapainya kendaraan yang beroperasi sepenuhnya tanpa campur tangan manusia," ujar Urmson. 

Memang saat uji coba di jalanan itu, di belakang kemudi Self Driving Car masih terdapat sopir, yang siap mengambil kendali jika sistem komputer mobil tak berfungsi. Tapi nantinya, tiga tahun mendatang, kemandirian mobil itu bisa terwujud sesuai yang dijadwalkan. 

Google memastikan pada 2017 teknologi ini akan tersedia untuk publik. Nantinya, penumpang bisa nyaman membaca, tidur atau pun bekerja, sedangkan kemudi tetap dijalankan oleh sistem. 

Saat melaju, Self Driving Car itu mengandalkan sensor radar dan laser yang mampu membuat peta 3D secara realtime. Sedangkan peranti lunak, Google akan menyortir objek di jalanan dalam empat kategori yaitu kendaraan bergerak, pejalan kaki, pengendara sepeda, rambu lalu lintas, trotoar dan mobil yang terparkir. 

Teknologi sensor pada mobil ini disebutkan sudah kian maju, misalnya, dalam membedakan objek serta mengetahui zona konstruksi dan kemungkinan gerakan orang yang mengendarai sepeda. Teknologi mobil ini juga dapat mengenali tanda permintaan berhenti dari penjaga sekolah. 

Mobil juga telah mampu mengendalikan saat berada di perempatan lampu merah.  

Insinyur Google juga sudah meningkatkan kemampuan peranti lunak yang bisa memprediksi perilaku pengendara sepeda. Prediksi itu berdasarkan rekaman sensor saat mobil itu melaju 10 ribu mil di jalanan kota. 

Meski demikian, Google masih mengembangkan kemampuan kemudi, misalnya, memahami gerakan dari para pengemudi yang memberikan sinyal tertentu untuk berpindah jalur dan sebagainya. Pengembangan juga termasuk bagaimana mengemudi saat hujan atau kabut, yang pastinya butuh sensor yang lebih canggih. 

Sejauh ini mobil Google itu telah melaju sekitar 700 ribu mil dalam mode self driving, sebagian besar  di jalan raya. Google menggunakan mobil SUV Lexus RX450h guna mengujicoba kemampuan berjalan mandiri. 

Tantangan lain penerapan mobil berjalan mandiri yakni regulasi. Departemen kendaraan Bermotor California dilaporkan tengah mengkaji aturan mengemudi tanpa sopir, otoritas lain di Nevada, Florida, Michigian dan Washington telah menuliskan undang-undang tersebut. (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya